Sukses

Murdoko &quotDuku", Ketua DPRD Jateng Baru

Liputan6.com, Semarang: Murdoko dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akhirnya terpilih menjadi Ketua DPRD Jawa Tengah periode 2004-2009. Murdoko meraih angka mutlak atas tiga pesaingnya dalam proses pemilihan yang berlangsung hangat di Gedung DPRD Jateng di Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (23/9).

Sebelumnya, Murdoko memang telah diprediksi bakal mulus meraih posisi ketua. Ia menyisihkan tiga kandidat lainnya, yakni M. Hasbi dari Fraksi Partai Golongan Karya, Abdul Kadir Karding asal Fraksi Kebangkitan Bangsa, dan Hisyam Ali kandidat Fraksi Partai Persatuan Pembangunan. Dari 100 anggota Dewan yang memberikan suara, Murdoko memperoleh 66 suara. Sementara M. Hasbi memperoleh 25 suara disusul Hisyam Ali enam suara, dan tiga suara untuk Abdul Kadir.

Dengan kekuatan 31 anggota Fraksi PDIP, Duku--panggilan akrab Murdoko--tidak terkejar pesaing terdekatnya M. Hasbi yang didukung 17 anggota fraksinya. Namun, Murdoko meraup dukungan fraksi lain seperti 10 suara FKB dan Fraksi Partai Demokrat serta Fraksi Partai Amanat Nasional.

Kepemimpinan Murdoko selama lima tahun ke depan dibebani pekerjaan rumah yang belum tuntas. Di antaranya korupsi miliaran rupiah yang dilakukan 22 anggota Dewan periode 1999-2004 yang kini kembali terpilih [baca: Anggota DPRD Jateng Terpidana Kasus Narkoba Dilantik]. Selain itu juga terdapat masalah lain, seperti salah satu anggota Dewan yang terbukti pecandu narkotik dan obat-obatan berbahaya serta seorang terlibat kasus dugaan pemalsuan ijazah.(DEN/Yudi Sutomo dan Taufan Yudho)
    Loading