Sukses

Tinjau Situs Gunung Padang, SBY: Ini Kerja Besar

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono meninjau situs Gunung Padang yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Setibanya di lokasi, SBY mendengarkan penjelasan terkait situs Megalitikum Gunung Padang sebelum melanjutkan menapaki anak tangga menuju situs.

SBY kemudian berjalan mendaki ratusan anak tangga menuju teras pertama dari situs Gunung Padang. Kepala Negara juga meninjau teras ke-5 yang dipercaya sebagai singgasana Prabu Siliwangi.

SBY dalam kesempatan itu mengatakan penelitian Gunung Padang ini perlu dituntaskan sehingga menjadi situs yang lengkap layaknya Borobudur.

"Ini kerja besar, butuh perencaanan bagus, time frame dan anggaran yang bagus. Butuh kepemimpinan dan kebijakan tepat. Kita harapkan tidak lama bisa kita tuntaskan," katanya.

Ditambahkan, dirinya mengapresiasi kerja keras para peneliti. "Saya berikan apresiasi setingi-tingginya kepada peneliti yang tidak kenal lelah, banyak yang tidak percaya, yang mengganggu, tapi semua semangat, ini awal yang baik meski belum rampung," kata SBY.

Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang mempercayai adanya bangunan di bawah Gunung Padang yang umurnya ribuan tahun sebelum Masehi. Tim riset menemukan sejumlah temuan yang menunjukkan ke arah tersebut.

Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial Bencana Andi Arief yang memfasilitasi Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang menyatakan, di dalam situs tersebut terdapat piramid yang umurnya lebih tua dibanding Piramid Mesir sekitar lebih dari 10 ribu tahun sebelum Masehi.

Pernyataan Andi Arief tersebut sempat menuai kontroversi di kalangan para ilmuwan. Hingga saat ini, tim terpadu masih terus melakukan penelitian terkait hal itu.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II tampak menemani SBY dalam peninjauan ini, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, dan Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan. (Ant/Ado/Sss)

Baca juga:

Pemugaran Gunung Padang Diperkirakan Tak Sampai 10 Tahun
Tunggu Instruksi Presiden, Penelitian Gunung Padang Distop
Misteri Terasering Gunung `Piramida` Cianjur Terungkap
Mendikbud: Situs Gunung Padang untuk Belajar Peradaban Bangsa
Terkuak, Misteri Ritual Prasejarah di Gunung 'Piramida' Cianjur