Sukses

[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Rusak Sawah dan Rumah Warga

Derasnya aliran lahar dingin dari Gunung Kelud menerjang lahan pertanian dan rumah warga yang berada di bantaran Sungai Konto, Kediri.

Petugas kepolisian Selasa malam berusaha menghalau warga yang memenuhi pinggir tanggul Sungai Konto di perbatasan Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri dan Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (19/2/2014), jembatan yang biasa dilewati warga pun ditutup untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk ambruknya jembatan akibat derasnya aliran lahar dingin Gunung Kelud.

Menurut relawan setempat, aliran lahar dingin sempat merusak sejumlah lahan pertanian dan rumah warga.

Aliran lahar dingin di Sungai Konto juga merusak paling tidak 10 rumah di Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur. Dari video amatir yang didapat Liputan 6 SCTV dari warga, datangnya lahar dingin begitu cepat dan langsung merendam sejumlah rumah yang berada di bantaran Sungai Konto.

Derasnya lahar dingin yang membawa material letusan Kelud membuat polisi terpaksa menutup Jembatan Damarwulan yang menghubungkan Kediri menuju Malang.

Arus lalu lintas pun dialihkan. Hingga Rabu dini hari, warga masih bersiaga terhadap kemungkinan semakin tingginya luapan banjir lahar dingin. (Nfs/Ado)

Baca juga:

[VIDEO] Lahar Dingin Kelud Akan Melewati 9 Sungai di 3 Kabupaten
Diterjang Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Ngantang Terisolir
Letusan Gunung Kelud Rusak Pipa Air Bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini