Sukses

Pembersihan Abu Selesai, Bandara Adisutjipto Kembali Beroperasi

Bandar Udara Internasional Adisucipto Yogyakarta direncanakan akan kembali beroperasi Rabu siang setelah dilakukannya pembersihan.

Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta akan kembali beroperasi pada Rabu (19/2/2014) siang ini. Bandara itu sempat ditutup total sejak Jumat 14 Februari 2014 akibat landasan pacu tertutup abu vulkanik erupsi Gunung Kelud.

Otoritas 3 Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Adi Soemarmo Solo, dan Juanda Surabaya dari Kementerian Perhubungan, Selasa 18 Februari petang telah melakukan peninjauan di Bandara Adisutjipto dan menyatakan bandara siap dioperasionalkan.

"Setelah dilakukan pembersihan dari abu vulkanik, direncanakan Rabu pukul 12.00 WIB Bandara Adisucipto akan kembali dibuka," kata Otoritas 3 Bandara Kementerian Perhubungan Muhammad Alwi di Yogyakarta.

Menurut dia, setelah dibuka kembali, seluruh maskapai penerbangan yang sempat tidak bisa beroperasi dan tertahan di Bandara diharuskan melengkapai seluruh pengecekan mesin sesuai prosedur. "Pengecekan kondisi mesin dan seluruh perangkat pendukung pesawat harus dilakukan untuk dapat kembali beroperasi melayani penumpang," jelasnya.

Ia mengatakan, tinjauan Otoritas 3 Bandara Kementerian Perhubungan meliputi kelayakan landasan pacu (runway) dan taxiway. "Keduanya merupakan titik vital bandara," kata Alwi.

Dalam peninjauan tersebut juga dilakukan pertemuan tertutup antara PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Otoritas 3 Bandara dan pihak maskapai penerbangan serta pihak terkait lainnya. Setelah pertemuan, dipastikan Bandara Adisutjipto akan dibuka kembali mulai pukul 12.00 WIB.

Pascaditutupnya Bandara Adisutjipto, terdapat 3 maskapai penerbangan yang tertahan akibat hujan abu, yakni Garuda Indonesia, Wing Air, dan Citilink. (Ant/Ado/Mut)

Baca juga:
Tertutup Abu Kelud, Bandara Adisucipto DIY Rugi Rp 2 M
Menhub: Bandara Adi Sutjipto dan Adi Sumarmo Dibuka Besok
Abu Kelud Dibersihkan, Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Selasa

Bandara Ditutup, Kiriman Barang via Pos Terlambat
Bandara Adi Sumarmo Masih Ditutup Sampai Selasa 18 Februari
Tanpa Perayaan, Terminal 2 Bandara Juanda Mulai Operasi Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.