Sukses

[VIDEO] Lahar Dingin Kelud Akan Melewati 9 Sungai di 3 Kabupaten

Banjir lahar dingin mengalir ke sejumlah wilayah di sekitar Gunung Kelud sejak pukul 16.00 WIB. Aliran lahar ini akan melewati 9 sungai.

Lahar dingin menerjang Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang hanya berjarak 5 kilometer dari Gunung Kelud. Lahar dingin yang turun ini membawa material vulkanik berupa pasir serta bebatuan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (19/2/2014) dini hari, kepulan asap yang menyertai lahar dingin turut membawa aroma belerang yang cukup pekat.

Aliran lahar dingin ini juga mengalir ke Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur. Pihak vulkanologi memperkirakan ada sekitar 105 juta meter kubik material vulkanik pasca letusan Gunung Kelud yang akan terbawa banjir lahar dingin.

Lahar ini akan melewati 9 sungai yang berhulu di Gunung Kelud dan mengalir ke 3 kabupaten kota, yakni Kediri, Blitar dan Malang.

Warga yang bermukim di sekitar aliran lahar dingin ini diminta terus waspada, terutama saat hujan lebat melanda kawasan Gunung Kelud pada sore hari. Hingga saat ini, status Gunung Kelud masih Awas dan pada Jumat mendatang akan dievaluasi apakah statusnya tetap Awas atau diturunkan menjadi Siaga. (Nfs/Ado)

Baca juga:

Diterjang Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Ngantang Terisolir
2 Korban Banjir Lahar Dingin Kelud Berhasil Dievakuasi
Dihantam Lahar Dingin Kelud, Suara Patahan Terdengar di Jembatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini