Sukses

Fenomena Gempa Kebumen 6,5 SR Jadi Terpopuler

Berita-berita terkait musibah tersebut pun menjadi terfavorit di Liputan6.com yang terangkum dalam Top 5 edisi Sabtu ini. Berikut urainnya:

Musibah bencana alam seakan tak henti-henti merundung Tanah Air. Belum usai bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah termasuk Ibukota Jakarta, juga Gunung Sinabung yang tak jua berhenti 'batuk', tiba-tiba Bumi berguncang tanpa peringatan.

Guncangan 6,5 skala Richter terjadi di Kebumen, Jawa Tengah sekitar pukul 12.14 WIB. Gempa juga terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS. Berita-berita terkait musibah tersebut pun menjadi terfavorit di Liputan6.com yang terangkum dalam Top 5 edisi Sabtu (25/1/2014):

1. Gempa 6,5 SR Guncang Kebumen, Jakarta Ikut Bergoyang

Getaran lindu di Kebumen Sabtu siang ini terasa hingga Jakarta, terutama dirasakan di gedung-gedung tinggi. Di kantor Liputan6.com di Lantai 14 Gedung SCTV Tower, lampu-lampu bergoyang cukup kuat.

Gempa terjadi di kedalaman 48 km, 104 km Barat Daya Kebumen, Jawa Tengah. Meski terjadi di laut, tak menimbulkan ancaman tsunami.

2. Gempa Kebumen Bikin Kepala Warga Yogyakarta Pusing

Goyangan gempa Kebumen dirasakan hingga luar Jawa Tengah, termasuk Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Di Yogyakarta, gempa terjadi 10 detik hingga membuat seorang warga pusing.

"Di Jogja kerasa banget gempanya. Berlangsung sekitar 10 detik. Lumayan bikin kepala pusing. Lokasi di lantai 1," kata Dewi Widya Ningrum, seorang warga di Yogyakarta lewat pesan tertulis kepada Liputan6.com di Jakarta.

Hal serupa juga disampaikan budayawan Butet Kartaredjasa lewat akun Twitternya. "Yogya gempa. Gempanya cuma bentar. Mencolek aja," kicau @masbutet.

3. Detik-detik Robohnya Masjid Banyumas Akibat Gempa Kebumen

Bruk! begitu kira-kira yang dirasakan warga sekitar Masjid Jami At-Taqwa di Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah yang Ambruk karena guncangan gempa di Kebumen, Jawa Tengah.

Gempa terjadi di 104 km barat daya Kebumen atau 147 km Barat Daya Yogyakarta.

Saksi mata, Palupi Andriani mengatakan, masjid roboh usai jemaah melaksanakan salat Zuhur secara berzamaah. Dia awalnya melihat masjid bergerak-gerak kemudian ambruk.

4. Gempa Kebumen Terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat

Gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter yang mengguncang Kebumen, Jawa Tengah itu juga terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Namun ada sedikit perbedaan antara data USGS dengan yang disajikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Laman earthquake.usgs.gov mencatat lindu terjadi dengan kekuatan 6,1 skala Richter pada Sabtu siang pukul 12.14 WIB. Pusat gempa berada di 39 kilometer Adipala, Indonesia. Di kedalaman 83,2 km.

5. Daftar Kota yang Terkena Dampak Gempa Kebumen 6,5 SR

Getaran gempa terasa hingga luar Kebumen di 5 Provinsi Pulau Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Warga pun mulai mencari tahu keberadaan daerah terdampak.

Daftar kota atau kabupaten yang terkena dampak gempa, berdasarkan laporan pembaca setia Liputan6.com pun banyak diburu. (Tnt/Gen)

Baca juga:

Pesta Pernikahan 1 Mempelai Pria dengan 2 Wanita Jadi Terpopuler
Pungli KJP, Ahok: Alasannya `Susu Tante` Jadi Terpopuler
Ani Yudhoyono Minta Maaf di Instagram Jadi Terpopuler

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini