Sukses

5 Titik Banjir di Jakarta Utara Mulai Surut

5 titik banjir di Jakarta Utara sudah mulai surut, setelah sebelumnya sempat tergenang setinggi 1,5 sampai 2 meter.

Sedikitnya 5 titik banjir di Jakarta Utara sudah mulai surut, setelah sebelumnya sempat tergenang setinggi 1,5 sampai 2 meter selama sepekan terakhir.

Lima titik tersebut, antara lain, kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Teluk Gong, Kampung Pulo, dan Daan Mogot arah Cengkareng.

"Kawasan ini mulai surut sekitar dua hari belakangan ini dan intensitas hujan juga sudah mulai berkurang," kata Dansatgas Banjir Korps Marinir, Mayor Marinir, Afin Dudun dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Sabtu (25/1/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya bersama sekitar 100 personel berada di beberapa titik, yakni di Rusun Kapuk Muara, Pejaringan, Teluk Gong, dan arah Cengkareng. Kawasan tersebut sudah mulai surut tetapi masih terdapat pengungsi.

Diharapkan dalam dua sampai tiga hari ini hujan tidak turun, sehingga banjir rob dan banjir kiriman dari Bogor tidak membanjiri kawasan itu lagi. Tapi apabila itu terjadi, Dansatgas Banjir sudah menyiapkan enam unit kendaraan lapis baja jenis Kappa, di samping 20 unit perahu karet yang juga telah digunakan saat banjir sepekan kemarin.

Sementara di Kawasan Kampung Pulo dan Daan Mogot yang sebelumnya banjir 1,5 meter juga mulai surut. Pengungsi juga sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing. Beberapa warga mulai membersihkan rumah-rumah mereka yang dipenuhi kotoran bawaan banjir.

"Meski banjir sudah mulai kering, namun bantuan obat-obatan, makanan, dan pakaian bekas layak pakai masih terus mengalir," ujar Afin.

Dudun menambahkan, pihaknya terus menerima bantuan dari berbagai instansi dan kelompok masyarakat yang peduli banjir seperti Lions Club dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. (Ant/Riz/Ein)

Baca juga:

Korban Banjir Pesing Mulai Terserang Penyakit Kulit dan Ispa
Korban Banjir Pesing: Bantuan Banyak Hingga Tak Sanggup Nampung
Pengungsi: Gonta-ganti Gubernur, Jakarta Tetap Banjir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.