Sukses

Semarang Terendam, 3 KA ke Malang Terlambat 8 Jam

Sedikitnya 3 jadwal kedatangan kereta api tujuan Jakarta-Malang terlambat hingga 8 jam akibat banjir yang merendam Kota Semarang.

Banjir di Semarang, Jawa Tengah, mengakibatkan sejumlah jadwal kedatangan kereta api terganggu. Di Malang, Jawa Timur, sedikitnya 3 jadwal kedatangan kereta api tujuan Jakarta-Malang terlambat hingga 8 jam.

"Banjir membuat banyak kereta yang melalui jalur Daops IV Semarang tertahan. Ada 3 kereta api yang datang terlambat antara 5-8 jam dari jadwal seharusnya," kata Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Sudarto saat ditemui di kantornya di Malang, Jumat (24/1/2014).

Kondisi banjir di Semarang membuat genangan air setinggi 15 centimeter dari bentangan rel. Kondisi ini melebihi batas yang ditentukan yakni setinggi 10 cm. Jika kereta tetap dipaksakan melaju, dikawatirkan merusak kereta.

"Terutama untuk lokomotif jenis elektrik, bisa merusak kereta kalau dipaksakan," ucap Sudarto.

3 Kereta yang dipastikan datang terlambat itu adalah KA Matarmaja dari jadwal kedatangan semestinya pukul 06.45 WIB menjadi pukul 15.00 WIB. KA Senja Majapahit dari jadwal datang pukul 07.28 WIB berubah menjadi pukul 15.15 WIB. KA Matarmaja Tambahan dari jadwal pukul 09.51 WIB diperkirakan tiba pukul 15.13 WIB.

"Karena datangnya terlambat, secara otomatis jadwal keberangkatan juga berubah," ucap Sudarto.

PT Kereta Api Indonesia bersedia mengganti uang tiket secara penuh khusus untuk KA Senja Majapahit. Itu jika penumpangnya ingin berganti kereta atau mengubah jadwal. Sementara untuk KA Matarmaja dan Matarmaja Tambahan tidak ada penggantian tiket.

"Karena untuk KA Senja Majapahit keberangkatannya bisa molor lebih lama. Untuk 2 Matarmaja, diperkirakan hanya sebentar saja molornya," jelas Sudarto.

Jadwal kedatangan 3 KA tersebut diperkirakan terganggu sampai Sabtu 25 Januari besok. Namun jika banjir tetap tinggi, keterlambatan itu bisa berlangsung lebih lama. "Tergantung alam, kalau air cepat surut maka jadwal bisa cepat kembali normal," pungkas Sudarto. (Ado/Ism)

Baca juga:
[VIDEO] Banjir, Kendaraan ke Pantura Mengular di Semarang-Subang
Bantuan Sepi, Korban Banjir Pekalongan Cari Dana di Jalur Pantura
Hujan Deras, Tembalang Selatan, Semarang Banjir
Jalur Pantura Banjir, Lalin Arah Subang Padat
Banjir, Jalur Pantura Macet 2 Hari 2 Malam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini