Sukses

Malam Tahun Baru, Polisi Pagar Betis Jembatan Pasupati Bandung

Polrestabes Bandung memasang pagar betis di bahu jembatan layang Pasupati (pasteur-surapati) Kota Bandung pada malam pergantian tahun.

Polrestabes Bandung memasang pagar betis di bahu jembatan layang Pasupati (pasteur-surapati) Kota Bandung pada malam pergantian tahun. Pagar betis sepanjang 2,8 kilometer tersebut untuk mencegah aksi kriminal, kemacetan, dan menjaga keselamatan umum.

"Malam tahun baru mulai pukul 18.00 WIB, jembatan pasupati akan dipagar-betis supaya warga tidak memarkir kendaraan dan menunggu detik-detik pergantian tahun di pasupati. Tapi untuk kendaraan yang melintas, pasupati dibuka," ujar Kepala Satlantas Polrestabes Bandung AKBP Yully Kurniawan di Bandung, Senin (30/12/2013).

Yully menjelaskan, pagar betis tersebut juga untuk memelihara kapasitas beban jembatan yang penghubung arus dari tol Cipularang ke pusat keramaian Kota Bandung itu. "Jika terlalu banyak kendaraan yang parkir bisa membebani kapasitas jembatan Pasupati dan dikhawatirkan berdampak hal yang tidak baik dan tidak kita semua inginkan," kata dia.

Selain itu, Polrestabes juga akan melakukan sejumlah pengalihan dan penutupan arus kendaraan guna mengurangi penumpukan kendaraan di kawasan pusat-pusat keramaian. Penutupan jalur secara situsional akan dilakukan untuk arus kendaraan dari luar Kota Bandung di timur, barat, selatan, dan utara.

Yully mencontohkan, ada pengalihan arus kendaraan dari jalur pintu tol Pasteur-Djunjunan-Jembatan Pasupati untuk menghindari kemacetan di kawasan lapangan Gasibu dan Gedung Sate.

"Untuk arus dari pasupati akan dilarang belok kanan ke Jalan Sentot Alibasya, Gasibu. Arus akan diluruskan dan baru boleh belok kanan di jalan dekat Pusdai," kata dia.

Polrestabes tengah berkoordinasi dengan Polres Sumedang, Cimahi, dan Soreang untuk menyekat dan mengurangi arus masuk dari arah timur, barat, utara, dan selatan Kota Bandung. "Arus dari arah Sumedang akan diputar balik ke arah Sumedang di bundaran Cibiru. Arus dari Lembang atau utara akan diputar balik ke arah Lembang di pertigaan Karangsari-Setiabudi," jelas Yully.

Polrestabes dan Pemkot Bandung juga akan menggelar acara malam bebas kendaraan bermotor atau car free night di Jalan Juanda, Dago mulai pukul 18.00 WIB. "Car free night di Dago akan kita gelar di 2 titik yaitu di atas Dago mulai simpang Cikapayang sampai Simpang Dago dan di bawah mulai simpang Diponegoro atau Dukomsel sampai simpang Merdeka-Riau," kata Yully. (Mvi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini