Sukses

PKB: Warga Nahdliyin Ingin Mahfud, Tapi...

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar bicara tentang 3 tokoh yang bakal diusung partainya, yakni Mahfud MD, Rhoma Irama, dan Jusuf Kalla (JK).

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan, mayoritas warga Nahdliyin cenderung menginginkan Mahfud MD sebagai calon presiden dibandingkan 2 kandidat lain, yakni JK dan Rhoma.

"Warga Nahdliyin lebih inginnya Mahfud, tapi kita akan lihat dulu ketiganya, bagaimana elektabilitasnya," kata Muhaimin di Jakarta, Minggu (8/12/2013).

Meski demikian, lanjut Muhaimin, suara masyarakat secara umum terhadap Rhoma dan JK tidak dapat dikesampingkan. Sebab, berdasarkan aspirasi dan dukungan yang terlihat, setelah 2 kandidat itu resmi diusung PKB, suara masyarakat di berbagai daerah menunjukkan jumlah peningkatan dukungan yang signifikan.

"Di Aceh, saya dapati 10 ribu warga sangat menganggumi Rhoma. Sedangkan massa PKB di Sulawesi sangat mendukung Jusuf Kalla," beber Cak Imin.

PKB, lanjut dia, tidak akan buru-buru menentukan siapa yang akan memenangi tiket capres untuk Pemilu 2014 dari partai. Sejak awal pengusungan 3 kandidat tersebut, internal partai telah melakukan survei untuk menganalisis popularitas dan elektabilitas mereka.

"Dan tentu juga kita mementingkan kredibilitas, tidak hanya elektabilitas," ujar Cak Imin menanggapi soal potensi Rhoma Irama yang banyak diragukan oleh berbagai kalangan. "Ketiganya sudah lolos kriteria dari internal." (Ant/Riz/Yus)

[Wawancara Khusus, Rhoma Irama: Saya Terpanggil]