Sukses

Akses Plaza Semanggi, Veteran: Tutup Setelah Ada Jalan Alternatif

Keputusan kesediaan menutup jalan itu adalah keputusan bersama para veteran Indonesia untuk mengatasi kemacetan di Gatot Subroto.

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) membenarkan pihaknya menyetujui rencana Pemprov DKI untuk menutup akses keluar-masuk Plaza Semanggi yang bersebelahan dengan Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Namun, organisasi veteran itu minta penutupan dilakukan setelah jalan alternatif dibangun.

"Benar, kita sudah setuju penutupan akses jalan masuk itu. Dalam surat itu kami menyarankan saja. Akses jalan masuk ditutup setelah dibangun akses jalan alternatif," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) LVRI FX Soejitno saat dihubungi Liputan6.com Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Ia menambahkan persetujuan tersebut sudah diberikan melalui surat yang dikirimkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, keputusan kesediaan menutup jalan itu adalah keputusan bersama para veteran Indonesia untuk mengatasi kemacetan di kawasan Gatot Subroto dan Plaza Semanggi.

"Ini sudah menjadi keputusan bersama (veteran)," tandas FX Soejitno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan pihaknya sudah menerima surat dari LVRI. Surat itu menyatakan para veteran Indonesia bersedia menutup akses jalan masuk yang sering menimbulkan kemacetan di Jalan Gatot Subroto tersebut.

"Kami sudah terima surat dari LVRI. Mereka menyatakan akses jalan masuk itu ditutup," terang Ahok.

Namun, Ahok menambahkan para veteran Indonesia bersedia menutup akses tersebut dengan satu syarat. Yakni, jalur alternatif sebagai sarana lalu-lintas di belakang gedung Veteran dan Plaza Semanggi harus dibangun terlebih dahulu. Ia pun minta Lippo Group selaku pengembang segera membangun jalan alternatif tersebut. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.