Sukses

Hujan Deras, Banjir Lahar Dingin Sinabung Ancam Warga

Banjir lahar dingin terjadi di sungai-sungai sekitar Desa Sukameriah karena hujan deras di hulu sungai.

Banyaknya material yang dimuntahkan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara menyebabkan potensi lahar dingin juga tinggi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Minggu (1/12/2013) pukul 19.30 WIB banjir lahar dingin terjadi di Desa Sukameriah.

"Komunikasi radio antar petugas di lapangan menginformasikan bahwa banjir lahar dingin terjadi di sungai-sungai sekitar Desa Sukameriah karena hujan deras di hulu sungai," ucap Sutopo.

Sutopo menjelaskan, jumlah pengungsi hingga malam ini mencapai 17.321 jiwa atau 5.836 kepala keluarga yang tersebar di 31 pos penampungan. Pengungsi berasal dari 23 desa.

Jumlah pengungsi di tiap pos penampungan bervariasi. Pengungsi terbanyak di Losd Tiga Binanga yaitu 2.438 jiwa atau 898 KK,  Uka Jahe 1 ada 1.667 jiwa atau 473 KK, dan Losd Desa Sembagas ada 1.420 jiwa atau 782 KK.

"Kebutuhan logistik di semua pos penampungan masih mencukupi 2 hingga 3 hari kedepan. Diperlukan kebutuhan sayur, buah dan bumbu," ucap Sutopo.
 
"Siraman rohani bagi pengungsi sudah dilakukan, misal di pos penampungan Serbaguna KNPI umat Kristiani sudah mendapatkan siraman rohani pada hari Jumat dan Sabtu. Di Zentrum Kabanjahe dilakukan untuk umat muslim pada Jumat malam pukul 20.00 WIB," terang Sutopo (Mvi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini