Sukses

Polisi: Indonesia Target Penyebaran Permen Narkoba Yaba

Penyebaran permen narkoba atau dikenal dengan sebutan yaba kabarnya sangat pesat di Indonesia.

Penyebaran narkoba permen narkoba atau dikenal dengan sebutan yaba kabarnya sangat pesat di Indonesia. Hal itu dibenarkan oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nugroho Aji yang juga mengatakan Indonesia merupakan salah satu sasaran penyelundupan barang haram tersebut.

Nugroho juga menyebutkan, pangsa pemakai di Indonesia besar.

"Indonesia merupakan target, karena menurut mereka (jaringan narkotika internasional), Indonesia merupakan pangsa yang bagus dan sangat cepat peredarannya," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Nugroho melanjutkan, untuk mengatasi merebaknya penyebaran permen narkoba yaba di Indonesia, maka program-program sosialisasi telah dijalankan oleh pihak kepolisian. Hal ini sudah dilakukan melalui Babinkamtibnas.

"Kita melalui kegiatan penyuluhuan oleh anggota kita dan para Babinkamtibmas," ucap Nugroho.

Yaba, sambung Nugroho, memiliki efek yang lebih berat jika dibandingkan dengan sabu dan ekstasi.

"Jadi, yaba ini mengandung methamphetamine yang efeknya itu bisa membuat halusinasi. Efeknya itu lebih berbahaya dibandingkan ekstasi atau sabu," jelas Nugroho.

Yaba, jelas Nugroho, merupakan alat yang digunakan pekerja di Thailand maupun Myanmar untuk meningkatkan stamina dan adrenalin. Namun sayangnya, di Indonesia barang ini malah digunakan untuk keperluan lain yang berbahaya. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini