Sukses

Waket DPR Priyo Mengaku Punya Kontak Langsung Edward Snowden

Priyo mengaku akan mencoba segera membicarakan wacana pertemuan dengan Edward Snowden di Rusia.

Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Rahasia Amerika Serikat (NSA) menjadi orang yang paling dicari sejagat terkait terkuaknya isu-isu penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia. Tapi Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengaku punya kontak langsung dengan Snowden.

"Saya pastikan sudah dapt kontak langsung dengan Snowden. Beliau (Edward Snowden) tidak punya kaitan dengan Rusia. Dia didampingi lawyer yang luar biasa," kata Priyo usai bertemu rombongan parlemen Rusia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Priyo mengaku akan mencoba segera membicarakan wacana pertemuan dengan Edward Snowden di Rusia. Hal ini dilakukan guna mencari informasi lebih dalam tentang data Badan Keamanan Nasional AS (NSA), khususnya soal penyadapan terhadap pemerintah Indonesia.

"Dan akan kita pikirkan perlukah kita kontak Edward Snowden untuk mencari sisi penting sejauh mana penyadapan itu. Barang apa saja yang disadap, apa sudah menyangkut isi perut atau sadapan tidak penting, atau sadapan yang sangat mengganggu. Itu yang mau kita cari," tutur politisi Golkar ini.

Pertemuan antara parlemen Indonesia dengan Edward Snowden dinilai sangat penting agar informasi tentang penyadapan tersebut tidak semakin bias dan liar.

"Ketemu langsung, atau email untuk mengetahui sejauh mana sebenarnya derajat kerusakan yang mereka tahu, yang disadap apa, kan sekarang isunya liar," pungkas Priyo. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.