Sukses

Polri Temukan 5 jenis Narkoba Baru di Indonesia

Setelah membekuk 9 pengedar narkoba, Polri mengaku telah menemukan 5 jenis narkoba baru di Indonesia. berikut uraiannya:

Mabes Polri membekuk 9 pengedar narkoba lintas internasional. Dalam operasi itu, polisi menemukan 5 golongan narkoba jenis baru.

Kelima golongan zat psikotropika itu yakni golongan Syntetic Khatinone atau Syntetic Methampethamina, yaitu Methylone yang berbentuk tablet, efeknya stimulan, ephoria sama seperti penguna sabu atau ekstasi.

"Kedua, golongan phenethylamines atau syntetic halusinogen yaitu Syntetic LSD; 25 B-NBOMe, yang efeknya menimbulkan ephoria dan halusinasi seperti LSD," kata Direktur Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri, Brigjen Arman Depari di Kantor Direktorat IV Narkoba Cawang, Jaktim, Senin (11/11/2013).

Ketiga, golongan zat tanaman dasar yakni Kratom atau Ketum berasal dari tumbuh-tumbuhan. Efeknya anti depresan dan Ephoria, serta tanaman Khatinona, aminopropiofenon yang efeknya stimulan ampetamina menyebabkan rasa gembira, hilang nafsu makan ephoria.

"Keempat golongan Ketamine efeknya halunisasi. Kelima golongan Piperazine, efeknya stimulan dan ephoria dikenal sebagai ekstasi herbal," lanjutnya.

"Dari 7 golongan zat psikoaktif baru yang ada didunia sebagaimana dirilis oleh UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime), Bareskrim baru menemukan lima.

Sedangkan dua golongan lainnya yang belum ditemukan yakni Golongan Syjntetic Cannaninoid atau ganja Sintetis serta Golongan Zat lainnya seperti Aminoindanes, Phencyclidine, dan Tryptamines," ungkap Arman.

Sebelumnya, Arman mengungkapkan bahwa diantara 5 zat psycotropica yang ditemukan polisi, satu diantaranya ditemukan narkotika jenis baru bernama LSD atau Smile berbentuk seperti kertas perangko.

Di cover barang haram itu, terdapat gambar flying dragon atau naga terbang. Dari satu lembar LSD sekitar 10X10 cm itu, dapat disobek sebanyak 100 kali. Dan tiap sobekkannya sekitar 1X1 sentimeter, cukup diletakkan di bawah lidah.

"Diletakkan di lidah dan akan timbulkan reaksi seperti narkotika yakni halusinasi dan depresan," ujar Arman

Ditambahkan Arman, LSD itu didapat dari seorang kurir berinisial HM (Hany Michelle) yang merupakan ibu rumah tangga. Hany ditangkap di halaman LP Cipinang, Jakarta Timur dengan barang bukti narkoba jenis sabu dan empat lembar LSD atau Smile. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.