Sukses

[VIDEO] Saling Ejek, Buruh Vs Buruh di Karawang

Aksi buruh di Jalan Raya Kawasan Indurstri KIIC, Karawang, Jawa Barat, diwarnai bentrok.

Aksi buruh di Jalan Raya Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat, diwarnai bentrok. Bentrokan dipicu saat dua kubu pendukung dan penolak aksi mogok nasional bertemu dan terlibat saling ejek.

Tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (1/11/2013), diduga sejumlah buruh antimogok kerja yang tergabung dalam Aliansi Buruh ABK mencoba menyerang sejumlah buruh yang promogok kerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Sempat terjadi aksi saling dorong dan saling kejar antarkeduanya. Bahkan kubu yang setuju mogok nasional melakukan sweeping buruh yang melintas di jalan raya kawasan industri Karawang tersebut.

Ketegangan akhirnya mereda setelah buruh antimogok kerja membubarkan diri karena melihat massa buruh yang mendukung mogok kerja datang dengan massa lebih besar.

Sementara ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Purwakarta, Jawa Barat, mengepung Kantor Disnaker Purwakarta. Para buruh membawa sejumlah spanduk tuntutan dalam aksi yang digelar usai salat Jumat tersebut.

Aksi ini dilakukan untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2014 sebesar 50 persen atau menjadi Rp 2,2 juta per bulan. Mereka mengepung kantor Disnaker Purwakarta untuk mengawal rapat Dewan Pengupahan dalam menentukan UMK tahun 2014.

Akibat aksi tersebut, jalan protokol dari Sadang menuju Disnaker Puwakarta macet tota. Sehingga membuat arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.