Sukses

Datang dari Jakarta, 5 Imigran Gelap Ditangkap di Tanjungpinang

Imigrasi Tanjungpinang menduga kedatangan para imigran gelap itu telah diurus pihak tertentu, sehingga lepas dari pengawasan bandara.

5 Imigran ilegal asal Afghanistan ditangkap petugas Imigrasi Tanjungpinang, Kepulauan Riau, di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Kelima imigran yang datang dengan pesawat tujuan Bandara Soekarno-Hatta ke Tanjungpinang itu ditangkap karena tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanan.

"Mereka baru mendarat dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng," kata Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Kenedi di Tanjungpinang, Minggu (22/9/2013).

Kenedi menjelaskan pihaknya masih mendalami tujuan 5 imigran ilegal tersebut datang ke Tanjungpinang karena sebelumnya 3 imigran gelap Afghanistan yang datang dari Jakarta juga diamankan, 11 September 2013 lalu.

"2 pekan terakhir, 2 kali imigran ilegal diamankan di Bandara RHF Tanjungpinang. Dan mereka datang dari Jakarta. Karena itu, kami akan mendalami lagi tujuan mereka ke Tanjungpinang," imbuh Kenedi.

Kenedi menambahkan pihaknya menduga kedatangan para imigran gelap tersebut ke Tanjungpinang telah diurus oleh pihak-pihak tertentu, sehingga lepas dari pengawasan pihak Bandara Soekarno Hatta.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelidiki tujuan mereka ke Tanjungpinang," jelas Kenedi.

Para imigran gelap tersebut mengaku mereka mendapatkan paspor India palsu di suatu tempat di Pulau Bintan, setelah menyeberang dari Malaysia, beberapa hari sebelumnya.

"Kami mengharapkan kerja sama semua pihak, agar warga asing tidak leluasa masuk ke Tanjungpinang, dan daerah lainnya," tukas Kenedi. (Ant/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini