Sukses

MenPAN dan RB: Peserta CPNS 65 Ribu, Tahun Lalu 13 Ribu

Kementerian bekerja sama dengan 10 Universitas Negeri se-Indonesia untuk membuat soal ujian CPNS.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 dilaksanakan pada bulan September ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar memprediksi adanya peningkatan jumlah pendaftar yang akan mengikuti seleksi CPNS.

"Menyangkut tes CPNS tahun ini sama dengan tahun lalu cuma jumlahnya lebih besar. Tahun lalu 13 ribu, tahun ini yang ikut tes ada sebanyak 65 ribu," kata Azwar usai menghadiri acara apel Kepala Satuan Wilayah di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2013).

Azwar menambahkan, guna memperlancar proses perekrutan dan ujian masuk CPNS, Kementeriannya telah bekerja sama dengan 10 Universitas Negeri se-Indonesia untuk membuat soal ujian.

"Kerjasama dengan 10 kampus buat soal. Mereka menyiapkan pemindaian. Nanti dipusatkan di Serpong untuk pemeriksaan. Tapi umumnya masih memakai LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada 3 November," jelas menteri yang juga kader PAN ini.

Tak hanya itu, Azwar juga telah menyiapkan sebanyak 30 ribu soal ujian CPNS yang berasal dari bank soal Lembaga Sandi Negara. Untuk masalah pengawasan berlangsung perekrutan CPNS baru, Kementerian bekerjasama dengan Kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Supaya lebih fair, polisi dan BIN kita juga kerjasama untuk mengamankan tes CPNS, secara terbuka dan tertutup," tambah mantan anggota DPR ini. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini