Sukses

Tiga Gerbong KA Cadangan Anjlok di Stasiun Tugu

Tiga gerbong KA cadangan yang akan dikirim ke Jakarta untuk mengantisipasi arus mudik anjlok di Stasiun Tugu Yogyakarta. PT KAI masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta: Tiga gerbong kereta api cadangan yang bakal dikirim ke Jakarta untuk mengantisipasi arus mudik anjlok di Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (14/11) pagi. Meski tak ada korban jiwa, jadwal perjalanan KA Fajar Utama jurusan Jakarta tertunda hampir tiga jam akibat musibah ini.

Anjloknya sebuah gerbong kelas bisnis dan dua gerbong kelas eksekutif ini terjadi di jalur lima tunggu lansir atau sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu. Sebelum diberangkatkan ke Jakarta, ketiga gerbong ini rencananya hendak dibersihkan di bengkel Stasiun Tugu. Namun, hanya berjarak 100 meter sebelum memasuki bengkel, wesel atau perpindahan rel bergerak sendiri sehingga rel menjadi bergeser.

Pihak PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta masih menyelidiki penyebab terjadinya pergerakan pada wesel di jalur lima tunggu lansir. Selain akibat kesalahan petugas wesel, pergerakan itu juga bisa terjadi akibat ausnya perangkat wesel, sehingga tak kuat menghadapi guncangan kereta yang melintas. Perjalanan kereta api di jalur lima akhirnya normal lagi setelah lima jam kemudian.(PIN/Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini