Sukses

Orkestra Indonesia Disambut Meriah di Kedubes Jerman

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah orkestra dari Indonesia, Capella Amadeus, Kamis (18/1), diundang tampil di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Mereka tampil memukau, sehingga mendapat sambutan meriah dan tepuk tangan tiada henti di akhir konser. Bahkan, mereka sampai menyuguhkan nomor bonus.

Karya Carl Stamitz, Georg Phillip Telemann, Antonio Vivaldi, dan Benjamin Britten mereka bawakan dengan baik. Penampilan ini membuktikan orkestra Tanah Air bisa tampil dengan kualitas yang setara dengan kelompok-kelompok serius asal Eropa.

Grace Sudargo, pendiri dan motor orkestra ini adalah penggemar musik klasik dan berniat untuk menyebarluaskan musik ini di kalangan masyarakat Indonesia. Menurut Grace, kecintaannya terhadap musik klasik terdorong oleh hasil penelitian bahwa musik ini terbukti baik bagi perkembangan otak anak-anak.

Niat Grace untuk menghasilkan orkestra pelantun musik klasik yang baik sempat menghadapi tantangan berat ketika dia menuntut ilmu musik di Eropa. Salah satu kendala itu adalah orkestra-orkestra Indonesia ternyata belum memiliki teknik memadai.

Berangkat dari alasan itu, Grace membentuk dan mengembangkan orkestra Capella Amadeus ini. Cita-citanya menghasilkan suatu orkestra asal Indonesia yang kualitasnya setara dengan orkestra-orkestra Eropa. Untuk orkestra besar, Grace mengakui cita-cita ini belum tercapai. Tapi, untuk orkestra kecil seperti yang tampil ini, menurut Grace, cita-cita itu sudah terwujud.(RSB/Miko Toro dan Ari Trisna)
    Loading