Sukses

Jaga Rumah Kosong Pemudik, Polda Metro Jaya Gandeng Warga

Polda Metro Jaya akan membuat satuan tugas rumah kosong dengan memberdayakan masyarakat sekitar atau tetangga warga yang tak mudik.

Kriminalitas yang menyasar rumah kosong pemudik kian meningkat saat mendekati Lebaran. Sebagai antisipasi, Polda Metro Jaya akan membuat satuan tugas rumah kosong (satgas rumsong) dengan memberdayakan masyarakat sekitar atau tetangga warga yang tak mudik.

"Melibatkan obyek vital yang dijaga oleh sekuriti. Diberdayakan oleh warga yang tidak mudik dalam suatu pengurus RW. Dari satu RW membentuk tim untuk mengamankan lingkungannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Senin (30/7/2013).

Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga akan menyiagakan satuan keamanan rumah yang terdiri dari orang yang terlatih.

"Seperti security. Masyarakat untuk pencegahan dan koordinasi, dilatih sistem komunikasinya dan sistem kerjanya, gimana sistem piketnya," jelas Rikwanto.

Polda Metro Jaya juga akan menerjunkan personel kepolisian ke tempat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandara. Sebanyak 111 pos pengamanan pun disiapkan.

"Untuk di masing-masing polres disediakan 14 posko," ucap Rikwanto. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini