Sukses

LP Tanjung Gusta Rusuh, SBY Tagih Laporan Anggaran Lapas Rp 1 T

Anggaran Rp 1 triliun tersebut digunakan untuk meningkatkan kapasitas lapas.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjanji siap menambah anggaran untuk meningkatkan kapasitas lembaga pemasyarakatan. Saat ini pemerintah sudah menganggarkan Rp 1 triliun.

"Kalau memang masih kurang, kami tambah lagi," kata SBY di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Sabtu (13/7/2013).

Menurutnya, anggaran Rp 1 triliun tersebut digunakan untuk meningkatkan kapasitas lapas. "Tujuan saya agar jangan sampai terjadi lagi seperti yang di Medan. Saya ingin mendapatkan laporannya digunakan seperti apa," ujarnya.

SBY pun berjanji akan menambah anggaran itu jika kurang. "Karena sudah puluhan tahun tidak ditambah. Inilah saatnya. Mumpung ekonomi baik, anggaran kita meningkat," ujarnya.

Kerusuhan di LP Tanjung Gusta terjadi pada Kamis 11 Juli malam. Insiden itu mengakibatkan 5 orang tewas, yakni 2 petugas Lapas Kepala Seksi Registrasi Lapas Tanjung Gusta Medan Bona Situngkir dan pegawai lapas HN Naibaho. 3 Korban tewas lainnya adalah narapidana.

Sementara itu, masih ada sekitar 127 napi yang melarikan diri. Diantaranya adalah 4 narapidana kasus terorisme. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini