Sukses

Monorel Jakarta-Bekasi Butuh Restu Jokowi

Butuh dukungan Pemprov DKI yang dituangkan secara tertulis di dalam perpres pembangunan monorel rute Jakarta-Bekasi itu.

Usai meresmikan pembangunan monorel rute dalam kota, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan keinginannya agar rute Jakarta-Bekasi juga bisa segera direalisasikan. Namun, diperlukan peraturan presiden untuk bisa memuluskan niat itu.

"Kalau memang Pak Jokowi mengutamakan kepentingan rakyat, tentunya mendukung Perpres itu nantinya. Karena harus ada restu dari Pemprov DKI Jakarta, termasuk tidak membebankan retribusi pengunaan lahan," tutur Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodarmawan di Jakarta, Rabu (26/6/2013).

PT Adhi Karya merupakan pimpinan konsorsium monorel dari BUMN. Kiswodarmawan menuturkan, hingga saat ini, Perpres yang menjadi landasan hukum pembangunan monorel itu masih berada di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Butuh dukungan Pemprov DKI yang dituangkan secara tertulis di dalam perpres itu. Termasuk bila ada permintaan untuk tidak membebankan pajak pada lahan yang digunakan sebagai stasiun dan jalur monorel.

"Pembangunan monorel ini butuh Perpres, karena melibatkan 2 wilayah dan harus tender, sifatnya juga public-private partnership (kerjasama antara pemerintah dan swasta). Makanya kami harap bisa segera diterbitkan," ujar Kiswodarmawan. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.