Sukses

Ini yang Akan Dibahas di Rakernas V PDIP

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan hal penting yang akan dibahas rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP yang akan digelar pada 24-26 Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan hal penting yang akan dibahas rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP yang akan digelar pada 24-26 Juli 2024.

Menurut dia, Rakernas yang mengusung tema “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran," itu akan membahas berbagai persoalan, termasuk isu strategis pemenangan Pilkada 2024.

Hasto mengungkapkan, M. Prananda Prabowo Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Situasi Room menggarisbawahi pentingnya tema tersebut, dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk isu kegelapan kekuasaan dan kematian demokrasi.

Rakernas akan diawali dengan prosesi Api Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Api perjuangan ini menempuh perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak total 526 km, dan akan tiba di Jakarta pada Kamis, 22 Mei 2024.

Esok harinya, pada pukul 15.30 WIB, obor kebenaran akan dibawa ke tempat Rakernas di Beach International Stadium Ancol oleh para pelari maraton, termasuk Hasto Kristiyanto, serta anak-anak muda dari PDI Perjuangan.

"Secara teknis dan juga secara substansi dari seluruh materi-materi yang dibahas Sudah diselesaikan oleh steering committee (SC)," kata Hasto dalam jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/4/2024).

Adapun, Rakernas V ini akan diikuti oleh 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara.

Selain itu, ada juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Beri Pidato Politik

"Agenda utama di dalam pembukaan Rakernas itu adalah menerima obor api perjuangan nan tak kunjung padam. Kemudian pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri," ujar Politikus asal Yogyakarta itu.

Menurut Hasto, Rakernas untuk mengevaluasi hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2024, serta merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi Pilkada serentak, dinamika politik nasional dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat.

Selain itu, Rakernas akan membahas strategi pemenangan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada November 2024.

"Di mana SC telah melakukan pembahasan secara intens untuk merumuskan sikap-sikap politik partai berkait dengan konsolidasi partai di dalam menghadapi Pilkada serentak, sikap politik terkait dengan situasi dan dinamika politik nasional dan internasional, sikap politik terhadap berbagai persoalan pokok rakyat yang jelas direspon oleh PDI Perjuangan dan juga akan disampaikan sikap politik yang berkaitan dengan tantangan-tantangan demokrasi yang akan datang," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Mendengar Suara Arus Bawah

Hasto menyebut, Rakernas V akan mendengarkan suara arus bawah yang disampaikan oleh DPC, DPD Partai. Termasuk bagaimana di dalam mensikapi pemerintahan yang akan datang.

"Tentunya harus dilakukan dengan mendengarkan seluruh elemen-elemen partai yang hadir di dalam rapat kerja nasional kelima tersebut," kata Hasto.

Lebih jauh, Hasto menambahkan bahwa pada Kamis, 23 Mei 2024, partai juga akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai prakondisi pelaksanaan Rakernas V.

"Mengingat seluruh komponen dari legislatif partai saat ini juga harus berjuang Bagaimana menjadikan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan di dalam menjawab berbagai persoalan pokok rakyat khususnya di bidang perekonomian," kata Hasto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.