Sukses

Ganjar Sebut Sikap Politik PDIP akan Diperjelas Megawati saat Kongres

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan sudah selesai, Minggu (26/5/2024). Rapat yang berlangsung selama tiga hari tersebut ditutup tanpa jawaban yang tegas soal sikap politik PDIP untuk masa pemerintahan 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan sudah selesai, Minggu (26/5/2024). Rapat yang berlangsung selama tiga hari tersebut ditutup tanpa jawaban yang tegas soal sikap politik PDIP untuk masa pemerintahan 2024-2029.

Apakah akan ada di luar atau di dalam mendukung kerja-kerja Prabowo-Gibran di tingkat eksekutif.

Kader PDIP yang juga mantan calon presiden, Ganjar Pranowo, menyebut Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan memperjelas sikap politik partai pada Kongres PDIP tahun 2025. Meski dia melihat, sejatinya hal itu sudah terjawab dalam poin rekomendasi eksternal rakernas.

"Ya kalau sikap sebenarnya, ada di poin rakernas. Itu akan diserahkan kepada ketua umum dan tadi ibu sampaikan, pasti akan disampaikan di kongres karena terkait dengan politik yang lebih besar," ujar Ganjar Pranowo di area Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

Mantan calon presiden nomor urut 3 itu lalu menyoroti rekomendasi eksternal hasil Rakernas V PDIP yang mendorong pemerintah membuat regulasi yang adil terhadap partai yang berada di dalam dan di luar pemerintahan.

"Saya kira pasti teman-teman sangat bisa membaca soal itu dan satu per satu tadi Mbak Puan membacakan dengan sangat bagus. Kita menilai bagaimana pelaksanaan pemilu kali ini di mana butuh perbaikan di sana-sini," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan soal sikap politik PDIP dalam pemerintahan ke depan, pihaknya akan meminta masukan terlebih dahulu suara arus bawah.

Dia juga menegaskan, sikap itu akan disampaikan usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP digelar.

Menurut Hasto, pihaknya akan melibatkan jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) untuk ditugaskan menyerap suara arus bawah mengenai sikap yang harus diambil oleh partai.

"Sikap politik terhadap pemerintahan yang akan datang. Di dalam pembahasan rapat pendahuluan termasuk melibatkan DPC dan DPD partai dalam rangka Rakernas kelima PDI Perjuangan memberikan kesempatan bagi DPC dan DPD untuk menangkap suara arus bawah," kata Hasto pada wartawan, dikutip Kamis, 24 Mei 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati soal Sikap PDIP di Pemerintahan Prabowo-Gibran: Enak Aja, Gue Mainin Dulu Dong

Rapat Kerja Nasional atau Rakernas V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Rakernas V PDIP) ditutup dengan pidato dari Ketua Umum (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Melalui pernyataan pamungkasnya, Megawati menyinggung soal sikap politik partainya di pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029 yang menurut dia harus diperhitungkan secara matang-matang.

"Sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan, gitu kan? Loh enak aja. Kalau menit ini saya ngomong hehe, kan harus dihitung secara politik loh," ujar Megawati saat berpidato penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, (26/5/2024).

Megawati kemudian menyindir awak media yang sangat menanti hal tersebut. Namun sayang, sampai berakhirnya pidato, Megawati tidak menyatakan secara gamblang soal sikap politik PDIP, apakah bergabung dengan pemerintah atau jadi oposisi.

"Ini pasti wartawan yang ditunggu iki, sikap dari rakernas. Aku bilang, enak aja, gue mainin dulu dong. Setuju enggak?" tanya Megawati kepada para kadernya.

"Setuju," jawab para kader.

"Sip!" kata Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.