Sukses

Wujud Prihatin, Panitia Rakernas V PDIP Ganti Gawai Milik Wartawan yang Hilang

Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDIP, Masinton Pasaribu menanggapi pemberitaan soal kehilangan telepon genggam atau gawai milik wartawan ketika meliput pembukaan acara Rakernas di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDIP, Masinton Pasaribu menanggapi pemberitaan soal kehilangan telepon genggam atau gawai milik wartawan ketika meliput pembukaan acara Rakernas di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Dia menyesalkan atas peristiwa kehilangan gawai milik rekan media. Menurutnya, peristiwa tersebut di luar pemantauan pihak panitia. Masinton mengatakan, peristiwa hilangnya gawai milik wartawan itu terjadi di lantai 1 Beach City International Stadium Ancol yang merupakan area publik.

“Tentunya kalau peserta menggunakan name tag, tapi juga ada karena di lantai 1 adalah area publik, dan itu juga sebagian besar tentu karena ini lingkup area umum, di bawah itu dan tempat wisata juga, sebagian besar kita cover, sebagiannya lagi luput dari pantauan kami,” kata Masinton di Media Center Rakernas V PDIP, Sabtu (25/5/2024).

Dia pun mengajak rekan-rekan wartawan bersama petugas keamanan yakni Satgas Cakra Buana untuk bekerja sama saling menjaga satu sama lain.

Menurutnya, ada pihak-pihak yang berupaya mencari kesempatan dengan menyusup kekerumunan wartawan dengan motif tertentu. Termasuk, mengambil barang-barang miliki wartawan bertugas.

“Tentu kita ingin kerja samanya untuk satgas dan rekan-rekan media, dimana di tempat keramaian pasti ada saja yang aneh di sana. Menyusup-menyusup disitu. Apalagi alat komunikasinya temen-teman media pasti diisi banyak informasi, data dan lain-lain. Yang ngambil punya motif politik atau motif ekonomi,” ungkap Masinton.

“Jadi, sebagai teman yang juga membantu meliput, mohon kerja samanya,” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bergerak Cepat

Sementara itu, Koordinator Kemanan Rakernas V, Ronny Talapessy menegaskan pihaknya juga langsung merespon dan bergerak cepat atas laporan kehilangan tersebut.

Bahkan, dia menyebut langsung menginstruksikan seluruh petugas keamanan yang bertugas untuk melakukan penyisiran terhadap pihak-pihak yang mencurigakan di lokasi.

“Sebenarnya dari tim satgas sudah sigap waktu itu berkomunikasi, dan bentuk tanggung jawab kita sebagai keamanan. Dan memang dari kami, kemarin situasinya crowded ya, dan memang kita sudah berusaha menjaga supaya area sini supaya tidak terjadi kekacauan, keribuatan dan lain-lain. Itu sudah kami lakukan,” kata Ronny.

3 dari 3 halaman

Terjunkan Petugas Keamanan

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa terjadi di lokasi Rakernas, Ronny menerjukan petugas keamanan untuk menjaga area Media Center serta lokasi yang menjadi tempat doorstop wartawan.

“Prinsipnya kita menghargai kerja-kerja teman-teman dalam peliputan. Kita akan lebih memperketat lagi. Saya sudah bertugaskan satgas disini,” ucap Ronny.

“Kita juga tidak mungkin membatasi gerak gerik teman-teman dalam mengambil gambar, saya sangat mengerti dan berkomunikasi. Kalau ada apa-apa segera kontak saya dan saya bersama satgas akan menjaga area sini untuk membantu teman-teman,” sambung dia.

Di akhir pernyataan, sebagai bentuk turut prihatin dari pihak panitia Rakernas V PDIP, diserahkan pengganti gawai rekan-rekan media yang hilang.

Penyerahkan gawai itu diserahkan oleh Masinton kepada perwakilan rekan media yang kehilangan gawai. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini