Sukses

Ini Kabilah Umat Rasulullah yang Paling Gigih Memerangi Dajjal di Akhir Zaman, Siapakah Dia?

Kelak akan ada umat yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW sebab kegigihan mereka memerangi dajjal di akhir zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Dajjal merupakan musuh terbesar bagi umat Islam. Kelak, kemunculannya menjadi salah satu pertanda akan datangnya hari kiamat.  

Namun, dalam sebuah riwayat hadis Muslim Rasulullah SAW pernah berkata bahwa ada di antara umat beliau yang paling teguh dalam melawan Dajjal.

Ia adalah seorang pemuda yang berasal dari keluarga Bani Tamim. Bersama kelompoknya mereka muncul dengan persiapan dasar yang kuat untuk menyambut kedatangan pemimpin umat Islam di akhir zaman, yakni Imam Mahdi.

Kaum Bani Tamim ini sangatlah disukai oleh Rasulullah SAW. Mereka juga memiliki ciri khusus tersendiri.

Lantas, seperti apakah sosok Bani Tamim ini? Berikut uraian selengkapanya mengutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecintaan Rasulullah pada Bani Tamim Menurut Hadis

Kemunculan Bani Tamim di akhir zaman kelak dan kecintaan Rasulullah saw kepada Bani Tamim telah dijelaskan dalam beberapa hadis. Berikut adalah penjelasannya:

Abu Hurairah ra berkata: "Saya akan senantiasa mencintai Bani Tamim, karena tiga hal yang pernah saya dengar dari Rasulullah saw tentang mereka: Pertama, saya pernah mendengar Rasulullah bersabda: 'Mereka (Bani Tamim) adalah umatku yang paling gigih melawan Dajjal'.

Kedua, ada seorang tawanan perempuan dari Bani Tamim di rumah Aisyah. Kemudian Rasulullah bersabda: 'Hai Aisyah, bebaskanlah ia! Karena ia adalah keturunan Ismail.' Ketiga, Rasulullah saw pernah bersabda ketika ada zakat dari Bani Tamim: 'Ini adalah zakat dari kaum kami'." (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah ra berkata: "Aku tetap mencintai Bani Tamim sejak aku mendengar Rasulullah saw menyebut tiga keutamaan mereka. 'Mereka yang paling sengit dalam memerangi Dajjal dari umatku'."

3 dari 3 halaman

Sifat-Sifat Bani Tamim

Ada beberapa karakter dan sifat yang melekat dalam diri Bani Tamim. Di mana sifat-sifat itulah yang kemudian membuat Rasulullah SAW sangat menyukai mereka.

1. Keturunan Suku Tamim

Di kalangan bangsa Arab ada satu kabilah bernama Bani Tamim. Di mana satu kabilahnya dari bangsa Quraisy yang tinggal di sekitar kota Makkah. Abu Bakar as-Siddiq ra adalah salah satu sahabat Nabi dari kabilah Tamim yang paling setia pada beliau.

2. Menyatu dengan Etnis Timur

Dalam sebuah karya dari Imam Suyuti berjudul al-Jami'us Shaghir menceritakan:

Jika seseorang bertanya padanya, 'Dari mana asalmu?' Dia menjawab, 'Saya berasal dari Timur'. Dan jika ditanya, 'Darimana engkau berasal?' Pemuda Bani Tamim menjawab, 'Dari Timur'.

3. Disebut Syuaib bin Soleh

Nama Syuaib bin Soleh menurut penafsir bukanlah nama asli. Tapi, merujuk pada suku atau kelompok etnis. Ia dikenal sebagai seorang pemuda baik dan berasal dari keluarga yang terkenal dengan akhlak baiknya.

4. Seorang Mujadid

Bani Tamim adalah seorang mujadid yang bertugas untuk menghidupkan kembali agama. Yakni dengan memperkuat iman manusia agar mengenal Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa iman dari pemuda Bani Tamim sangatlah kuat.

 5. Pemimpin yang Telah Dijanjikan

Sesuai dengan isyarat dari Rasulullah saw, bahwa Bani Tamim adalah golongan pemimpin yang telah dijanjikan. Ia akan mendapatkan kemenangan dan banyak keberkahan. Baik fisik maupun spiritual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.