Sukses

KPK Fasilitasi Sholat Idul Adha bagi Tahanan

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, KPK membuka layanan besuk khusus bagi keluarga para tahanan. Kunjungan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB di Rutan Cabang KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi ibadah sholat Idul Adha yang jatuh pada Senin 17 Juni 2024. KPK juga menyediakan jam besuk bagi pihak keluarga yang ingin menjenguk tahanan di Rutan Cabang KPK.

"Informasi dari Karutan (kepala rutan), ibadah sholat Idul Adha bagi tahanan akan dilaksanakan di masjid KPK, sedangkan layanan kunjungan pada hari Senin dibagi dalam dua waktu," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (15/6/2024), seperti dikutip dari Antara.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, KPK membuka layanan besuk khusus bagi keluarga para tahanan. Kunjungan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB di Rutan Cabang KPK.

KPK juga memfasilitasi keluarga tahanan yang ingin mengirimkan makanan bagi para tahanan dengan jadwal pengiriman pada pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Pelaksanaan sholat Idul Adha dan layanan kunjungan bagi tahanan di Rutan Cabang KPK merupakan salah satu bagian pemenuhan hak-hak dasar bagi para tahanan komisi antirasuah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masjid Agung Al Azhar Jakarta Gelar Sholat Idul Adha Besok Minggu

Sementara itu, Pengurus Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan akan menyelanggarakan sholat Idul Adha 1445 H pada hari Mingu, 16 Juni 2024. Perayaan Idul Adha ini lebih cepat dari hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

"Betul, besok InsyaAllah (Sholat Idul Adha)," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Dia mengatakan, pelaksanaan sholat id ini merujuk pada Keputusan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar Nomor 086 tahun 2024. Dijelaskan, penentuan Hari Raya Idul Adha ini merujuk pada wukuf di Arafah yang jatuh pada Sabtu, 15 Juni 2024.

"Sekarang sedang wukuf di Arafah, maka kami mengikuti pelaksanaan wukuf di Arafah merujuk kepada tadi wukuf di Arafah hari ini dan untuk 9 Dzulhijjah 1445 H jatuh hari Sabtu, 15 Juni 2024 (Puasa sunnah 'Arafah)," ujar dia.

Tatang mengatakan, salat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar akan dilaksanakan pada Minggu 16 juni 2024 pukul 07.00 WIB.

Adapun yang bertindak sebagai khotib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha kali ini adalah Dr H M Anwar R Prawira, M.A. dan imam adalah H Mukhtar Ibnu, M.Pd. "Khatib dari intern kami dan imamnya imam masjid kita Ustaz Ibnu," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 17 Juni 2024

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama,  Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

Dia berharap, dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam bisa merayakan Hari Raya Idul Adha bersama-sama.

"Tapi perlu juga diketahui seluruh masyarakat, jika di kemudian ada perbedaan dalam melaksanakan ibadah berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha, kami harap semua bisa mengedepankan harmoni toleransi. Mudah-mudahan peringatan Idul Adha bisa berjalan dengan kondusif," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini