Sukses

Pertamina Dorong Inovasi Sosial Kaum Muda Lewat PFMuda

Kompetisi proyek sosial PFmuda 2024 digelar untuk mendorong lahirnya local heroes dari kalangan generasi muda, guna menuntaskan isu sosial di sekitarnya melalui proyek sosial yang berbasis kearifan lokal, inspiratif dan berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation membuka kompetisi proyek sosial PFmuda 2024, untuk mendorong lahirnya local heroes dari kalangan generasi muda. Mengusung tema Inovasi Sosial Anak Muda Indonesia, Pertamina Foundation mengajak anak muda untuk menuntaskan isu sosial di sekitarnya melalui proyek sosial yang berbasis kearifan lokal, inspiratif dan berkelanjutan. 

Bergulir sejak 2020, PFmuda berhasil mencetak 171 kelompok young leaders yang membawa kebermanfaatan lewat proyek sosial. Contohnya datang dari young leader tahun 2022 asal Bengkulu, yaitu tim Agromesia. Melimpahnya limbah kulit kopi, mendorong tim Agromesia untuk mengoptimalkannya menjadi pupuk kompos serta memberikan pendampingan dan pelatihan kepada 60 petani di Desa Ngarip. 

Dengan proyek sosialnya, para petani desa tersebut mampu memproduksi limbah kulit kopi sebanyak 3 ton/bulan dan menekan biaya pembelian pupuk sebesar Rp37.500.000/tahun. Berkat pencapaiannya ini juga proyek sosial tim Agromesia direplikasi untuk local heroes PGE Area Ulubelu dan meraih predikat PROPER Emas 2023. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, menyebutkan kompetisi PFmuda mendorong generasi muda untuk menyebarkan kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan. 

"Mewujudkan Indonesia Emas memerlukan generasi muda yang punya kepekaan, kreativitas, dan mampu menjadi problem solver terhadap permasalahan sekitar yang beraneka ragam dan kompleks. Dengan begitu, pada akhirnya mereka menjadi local heroes serta mampu mendukung Pertamina dalam mengimplementasikan komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)," ujar Fadjar, Senin (13/5).

Ada tiga lingkup isu dalam kompetisi proyek PFmuda tahun 2024, pertama lingkungan, energi, dan teknologi, kedua ialah pendidikan, dan terakhir ekonomi & UMKM. Bagi yang baru memiliki usulan atau rintisan proyek sosial dapat memilih kategori Ideation. Sementara bagi yang sudah merintisnya lebih dari satu tahun, dapat memilih kompetisi kategori Sociopreneur.

Proyek sosial terbaik akan mendapat bantuan stimulan dana proyek dengan total lebih dari Rp3 miliar, dengan rincian kategori Sociopreneur memperoleh maksimal pendanaan Rp50 juta per proposal dan kategori Ideation akan mendapat bantuan antara Rp7,5-Rp15 juta rupiah per proposal.

Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo juga menjelaskan tentang kriteria proyek sosial yang dicari, dalam kompetisi PFmuda tahun 2024 dan manfaat yang diperoleh bagi proyek sosial terpilih.  Proposal proyek sosial terbaik, Bulo melanjutkan, dipilih berdasarkan kreativitas ide dalam menjawab permasalahan, memiliki dampak yang luas, kemampuan memanfaatkan potensi lokal, serta potensi keberlanjutan proyeknya. 

Ketika berhasil memenuhi kriteria tersebut, mereka akan mendapatkan pendanaan proyek, link and match dengan industri dan investor, coaching dan mentoring dari sociopreneur dan praktisi untuk menunjang implementasi proyek sosialnya. Kami harap, PFmuda mampu melahirkan kewirausahaan sosial yang produktif, mandiri, dan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. 

"Diharapkan pada tahun 2024 juga muncul berbagai kreasi proyek sosial terutama dari local heroes daerah operasi binaan Pertamina dan dapat memberikan dukungan pada capaian PROPER dari Pertamina Group," ujar Bulo. 

Sekadar informasi, pendaftaran kompetisi proyek sosial PFmuda dibuka sampai 10 Juni 2024 melalui laman pertaminafoundation.org dan seluruh rangkaian seleksinya tidak dipungut biaya sepeser pun. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman dan website resmi Pertamina Foundation.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.