Sukses

Tak Hadir di KPU, Mahfud: Selamat Prabowo-Gibran, Selamat Bertugas

Mahfud baru mengetahui ada agenda tersebut setengah jam sebelum penetapan presiden dan wakil presiden terpilih dimulai. Mahfud menuturkan dirinya tak akan sempat mengejar waktu apabila ingin hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan calon presiden nomor urut 03, Mahfud Md menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Rabu (24/4/2024). Mahfud sendiri tak hadir dalam acara penetapan presiden-wakil presiden terpilih.

"Meski begitu (tidak hadir), tidak mengurangi rasa hormat saya. Saya mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo dan Mas Gibran yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Selamat bertugas," kata Mahfud melalui video yang dibagikan di akun Instagramnya @mohmahfudmd, Rabu (24/4/2024).Mahfud mengaku dirinya tak mengetahui ada undangan penetapan presiden-wakil presiden terpilih dari KPU RI. Dia pun menyesal tak bisa hadir dalam acara tersebut.

"Banyak yang bertanya kok Pak Mahfud tidak hadir di KPU saat rapat penetapan Presiden dan wakil presiden terpilih. Saya menyesal juga tidak bisa hadir. Tapi saya tidak tau kalau ada undangan," ujarnya.

Dia baru mengetahui ada agenda tersebut setengah jam sebelum penetapan presiden dan wakil presiden terpilih dimulai. Mahfud menuturkan dirinya tak akan sempat mengejar waktu apabila ingin hadir.

"Baru setengah jam sebelum acara dimulai, itu ada pemberitahuan lewat telepon ini, Bapak ke KPU ndak? Ada apa saya bilang. Terus diberitahu acara penetapan. Jadi waktunya tidak ngejar. Jadi saya tidak tahu kalau ada undangan," tutur Mahfud.

"Saya sendiri Memang tidak tahu agenda-agenda seperti itu karena apa mungkin, LO kami kurang begitu aktif," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024.

Berdasarkan pantuan Liputan6.com di gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024), ada hal unik yang dilakukan Prabowo usai menyampaikan pidato kemenangannya.

Mendadak dia menyambangi lawan politiknya, Anies Baswedan yang duduk di barisan depan ruang rapat pleno KPU RI.

Anies yang hendak mengulurkan tangan dan memberi ucapan selamat disambut Prabowo dengan antusias.

Usai bersalaman, Prabowo pun menggenggam erat badan Anies dan mengguncangkannya. Terlihat guncangan itu sangat keras sehingga membuat Anies bergetar.

Meski demikian, keduanya tampak dalam suasana wajah yang tersenyum. Menurut Prabowo, senyum yang disampaikan Anies adalah senyum yang berat.

"Mas Anies saya pernah di posisi anda, saya tahu senyum anda berat," kata Prabowo saat pidato kemenangannya di Kantor KPU RI Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.