Sukses

Pasar Tumpah Malam Takbiran Akan Kembali Digelar di Depok

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, pasar tumpah malam takbiran merupakan pasar yang diadakan setiap malam hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan memberikan izin kegiatan pasar tumpah malam takbiran menggunakan akses sepanjang Jalan Naming Bothin, Pancoran Mas, Depok. Pasar tumpah malam takbiran dinilai mampu meningkatkan perekonomian dan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, pasar tumpah malam takbiran merupakan pasar yang diadakan setiap malam hari raya Idul Fitri. Keberadaan pasar tersebut dinilai membantu pedagang maupun UMKM memasarkan produknya kepada masyarakat.

“Ya, kita tetap ada kan di belakang balai kota itu ya atau Jalan Naming Botin,” ujar Supian Suri, Senin (8/4/2024).

Supian Suri menjelaskan, pasar tumpah malam takbiran menjadi prioritas Pemerintah Kota Depok dalam perputaran roda ekonomi masyarakat. Nantinya akan dibuatkan suatu aturan untuk mencegah dampak kemacetan terhadap jalan penyangga lainnya.

“Insya Allah kita nggak terganggu karena kita cukup menggunakan Jalan H Naming Bothin, tidak melebar sampai ke Jalan Dewi Sartika,” jelas Supian Suri.

Pemerintah Kota Depok telah melakukan evaluasi terhadap pasar tumpah malam takbiran dari tahun lalu. Kegiatan pasar tumpah malam takbiran sudah menjadi agenda tahunan yang diharapkan pedagang maupun masyarakat.

“Pedagang yang punya barang untuk jualan berharap laku, pembeli berharap dapat barang yang bagus dan murah gitu ya,” ucap Supian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah Sampah

Selain itu, evaluasi lainnya didapati Pemerintah Kota Depok yakni permasalahan sampah. Pemerintah Kota Depok akan meminta DLHK Kota Depok mengantisipasi tumpukan sampah usai kegiatan pasar tumpah malam takbiran.

“Kita juga minta panitia permasalahan sampah, jangan sampai selesai acara, terus ditinggalkan sampah jadi enggak enak dilihat dan mengganggu,” terang Supian Suri.

Kegiatan pasar tumpah malam takbiran akan menjadi sarana UMKM maupun pedagang berjualan sehingga berdampak terhadap perputaran ekonomi Kota Depok. Pemerintah Kota Depok mencatat, kegiatan pasar tumpah tidak hanya di Jalan Naming Botin namun ada di sejumlah wilayah lainnya di Kota Depok.

“Kalau untuk skala besarnya di Jalan Naming Bothin, tapi kalau pasar tumpah skala kecil ada sejumlah wilayah tapi sifatnya lingkungan,” pungkas Supian Suri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.