Sukses

Jelang Mudik Lebaran, Sopir Bus AKAP di Terminal Poris Plawad Dicek Kesehatannya

Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Poris Plawad, Tangerang, jalani tes kesehatan sebelum mereka mengangkut penumpang, Jumat (5/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Poris Plawad, Tangerang, jalani tes kesehatan sebelum mereka mengangkut penumpang yang hendak melakukan mudik lebaran, Jumat (5/4/2024).

“Ini ditujukan untuk mengetahui dan berupaya menjaga kondisi kesehatan sopir-sopir hingga seluruh petugas yang bekerja untuk melayani kegiatan mudik Lebaran 1445 Hijriah tetap terpantau kesehatannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, pelayanan tersebut berupa skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM), meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar perut.

Selain itu, pemeriksaan tensi atau tekanan darah, pemeriksaan gula darah, edukasi kesehatan bagi sopir dan pemudik hingga pembagian masker.

“Harapannya, dengan kegiatan ini pengemudi dalam kondisi sehat dan bugar dalam melaksanakan tugas. Karena, kondisi sopir yang sehat dan prima akan berkontribusi terhadap keselamatan pemudik,” katanya.

Lalu, jika ditemukan sopir dalam kondisi lelah, akan diberikan tambahan vitamin. Tapi, sejauh ini kesehatan sopir bus di area Terminal Poris Plawad dalam kondisi baik dan aman untuk melakukan tugasnya.

“Apabila ke depan ditemukan sopir yang tidak memenuhi kriteria kesehatan, pihaknya akan mengonsultasikan kepada manajemen untuk tidak bertugas dan diganti dengan pengemudi lainnya,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Penumpang Naik 100 Persen

Sementara, pada H-5 Lebaran 2024 jumlah penumpang di Terminal Poris Plawad Tangerang naik 100 persen bila dibanding hari biasanya.

Pantauan di lapangan, Terminal Poris Plawad tak henti dipadati penumpang yang hendak mudik melalui jalur darat. Mereka sudah siap dengan bawaan masing-masing untuk mudik ke kampung halamannya.

Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Alwien Athen mengatakan, lonjakan jumlah penumpang sudah mulai terlihat.

“Jika dibanding hari biasa, peningkatan sudah 100 persen, dua kali lipat. Tiga hari terakhir atau hari Senin ada 900 penumpang, Selasa turun 800 penumpang dan kembali meningkat Rabu dengan 1.000 penumpang. Peningkatan sudah terlihat, tapi memang belum signifikan,” papar Alwien.

 

3 dari 3 halaman

Tujuan Favorit Pemudik

Menurutnya, penumpang yang berangkat dari Terminal Poris Plawad ini didominasi oleh pemudik tujuan Jawa Timur. Kemudian, tujuan favorit selanjutnya ialah Jawa Tengah dan Sumatera.

“Penumpang di Terminal Poris Plawad di hari normal berkisar 300-400 penumpang per harinya. Tahun ini, diprediksi, pada puncak arus mudik nanti akan ada 2.000 penumpang yang akan berangkat dari Terminal Poris Plawad, yakni pada puncaknya di tanggal 5,6 dan 7 April,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini