Sukses

Sidang Sengketa Pilpres 2024 Digelar Besok, Polri Siapkan Lokasi Khusus untuk Pengunjuk Rasa

Soal penutupan jalan di sekitar Gedung MK, Kombes Susatyo memastikan hal tersebut bersifat situasional.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menyambangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Kunjungan dilakukan demi memastikan tiap sudut Gedung Mahkamah aman menjelang sidang sengketa Pilpres 2024 yang berlangsung besok, Rabu 27 Maret 2024.

“Pada ring satu di MK ini tentunya proses persidangan harus steril, kemudian pada areal parkir juga termasuk kawasan sekitar dari Mahkamah Konstitusi. Sehingga apabila ada masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait dengan proses persidangan, kami berharap tidak melakukannya di depan MK,” kata Kombes Susatyo di Gedung MK Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Kombes Susatyo berharap, persidangan MK bisa menjadi persidangan yang khidmat tidak diganggu suara dari mobil komando. Maka dari itu, demi tetap memberikan hak kebebasan berpendapat, pengunjuk rasa akan diarahkan ke lokasi yang sudah disediakan.

“Jadi mari kita hormati MK agar menjadi persidangan yang khidmat tidak diganggu suara dari mobil komando. Tapi apabila terdapat aspirasi dari elemen masyarakat, kami sudah menyiapkan tempat di Monas Barat Daya, di Patung Kuda agar semua bisa terakomodasi baik masyarakat berunjuk rasa dan persidangan yang bisa berjalan khidmat,” jelas dia.

Soal penutupan jalan, Kombes Susatyo memastikan hal tersebut bersifat situasional. Jika diharuskan, penutupan bakal dilakukan dari berbagai arah. Mulai dari arah Medan Merdeka Selatan, arah Harmoni hingga Abdul Muis.

“Kalau memang ada aksi unjuk rasa di Patung Kuda tentunya di ruas jalan di Merdeka Selatan ini akan kami lakukan pengalihan arus lalu lintas termasuk dari arah Harmoni menuju Patung Kuda termasuk apabila memang sisi di Abdul Muis yang di belakang Gedung MK itu bila memang diperlukan kita akan melakukan rekayasa,” jelas perwira Polri berpangkat melati tiga ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Informasi Unjuk Rasa

Hingga laporan terakhir, Kombes Susatyo mengaku belum menerima informasi unjuk rasa dari elemen masyarakat. Namun berdasarkan info selebaran atau poster-poster beredar, pihaknya sudah melihat akan ada aksi terkait yang dilangsungkan besok. 

“Kami sudah menerima flyer-flyer dan sebagainya terkait aksi besok tentunya kita juga akan mengantisipasi jika memang ada kegiatan yang dilakukan,” dia menandasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini