Sukses

Melejitnya Pembangunan Ekonomi Kreatif Kukar di Era Edi Damansyah, Ini Buktinya!

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah telah memberikan ruang untuk pelaku ekonomi kreatif dan generasi Z berkreasi.

Liputan6.com, Tenggarong Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah telah memberikan ruang untuk pelaku ekonomi kreatif dan generasi Z berkreasi. Dari ruang yang terbuka tersebut, gelombang inovasi dan kewirausahaan yang didorong oleh dukungan pemerintah setempat pun tercipta.

Indah Yulita Sari yang merupakan seorang wirausaha mengatakan, berbagi cerita tentang bagaimana pemerintah di bawah kepemimpinan Edi Damansyah memberikan dorongan signifikan bagi para pelaku usaha muda dan UMKM.

"Alhamdulillah, saat ini sangat berkembang sangat pesat," ujarnya.

"Peran pemerintah sangat luar biasa, men-support kami, khususnya para wirausaha muda dan UMKM yang ada di Tenggarong khususnya," jelas Indah.

Ia pun mengatakan, berbagai event yang diadakan Pemkab Kukar tidak hanya memberikan ruang bagi para wirausaha untuk berkembang, tetapi juga menjadi bukti perhatian yang diberikan oleh Bupati.

"Pak Edi Damansyah sangat support UMKM atau wirausaha muda yang dibantu dalam pelaksanaan usaha dan dibantu tenda event untuk wirausaha yang ada di Kukar," kata Indah.

"Semoga kolaborasi antara para wirausaha dan pemerintah dapat semakin dipermudah, membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan yang lebih besar lagi," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Cukup Pesat

Ridho Mahatir Muhammad, seorang petani milenial mengungkapkan bahwa perkembangan ekonomi kreatif di Kukar cukup pesat selama kepemimpinan Edi Damansyah.

"Kehadiran pak bupati di setiap event menjadi simbol dukungan yang tidak hanya menghadirkan semangat, tetapi juga mendongkrak kepercayaan diri anak muda yang berkecimpung di dunia ekonomi kreatif," ungkapnya.

Ridho pun berharap agar Bupati Edi Damansyah dapat terpilih kembali dan membawa Kukar ke arah yang lebih baik.

"Karena saya pribadi, selaku petani dan mewakili 'kaum tani', sangat merasa terbantu di saat kepemimpinan beliau," ujarnya.

"Bantuan pertanian dari saprodi dan alsintan yang besar dan masif telah menjadi katalisator untuk mendongkrak perkembangan pertanian di Kukar," jelas Ridho.

Dampak positif dari perkembangan ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara tidak hanya terasa dalam cerita-cerita inspiratif dari Indah dan Ridho saja sebagai pelaku usaha, tetapi juga tercermin dalam statistik ekonomi daerah.

3 dari 4 halaman

Angka Pengangguran Terbuka Turun

Pada tahun 2023, Kutai Kartanegara mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,05% atau turun dari 5,66% pada tahun 2021. Angka ini pun melampaui target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang ditetapkan selama masa kepemimpinan Bupati Edi Damansyah, yaitu 4,10%.

Selain itu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita di Kutai Kartanegara sebesar Rp325,76 juta pada tahun 2022. Angka ini tidak hanya melampaui capaian provinsi Kalimantan Timur dan angka nasional, tetapi melebihi target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Kartanegara sebesar Rp204,69 juta.

Dari angka tersebut, menandakan sebuah kemajuan ekonomi yang signifikan, sekaligus membuktikan efektivitas strategi pembangunan yang telah diterapkan oleh pemerintah daerah di bawah arahan Bupati Edi Damansyah.

Kemajuan ekonomi signifikan di Kutai Kartanegara yang tercermin dalam peningkatan PDRB dan penurunan TPT, tidak lepas dari inisiatif strategis dari Edi Damansyah. Salah satu program unggulan yang menjadi katalis untuk kemajuan ekonomi adalah Program Kukar Kreatif Idaman.

4 dari 4 halaman

Program Andalan

Program Kukar Kreatif Idaman dirancang untuk memfasilitasi dan mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi kreatif yang menjadi salah satu pilar utama dalam visi pembangunan daerah. Dengan pendekatan holistik dan inklusif, program ini membuka peluang baru bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide-ide inovatif, sekaligus memperkuat jaringan antar wirausaha yang memungkinkan kolaborasi lebih luas dan berkelanjutan.

Dengan semangat inovasi terus menerus dan dukungan yang tak tergoyahkan dari pemerintah daerah, Kutai Kartanegara menunjukkan bahwa kemajuan ekonomi dan kreativitas dapat berjalan beriringan. Program Kukar Kreatif Idaman bukan hanya sekedar program, tetapi simbol dari transformasi yang berkelanjutan dan inklusif.

Seiring dengan langkah-langkah strategis yang diambil oleh Bupati Edi Damansyah, dapat dilihat bagaimana sebuah visi kuat dan tindakan terarah dapat membawa perubahan nyata bagi masyarakat. Kukar pun tidak hanya mencapai target-target pembangunan yang ambisius, tetapi telah menetapkan standar baru bagi daerah lain untuk mengikuti jejak kesuksesan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini