Sukses

Baharkam Polri Kerahkan Sabhara Kawal Pemilu hingga Mudik Lebaran

Baharkam Polri telah melakukan sejumlah langkah untuk membantu pengamanan Pemilu hingga mudik lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Baharkam Polri telah melakukan sejumlah langkah untuk membantu pengamanan Pemilu hingga mudik lebaran 2024. Baharkam Polri telah menyiapkan Sabhara yang akan ditempatkan untuk pengamanan pemilu hingga mudik lebaran.

Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran mengatakan, penetapan hasil pleno Pemilu rencananya akan dilaksanakan pada 20 Maret mendatang. Satgas preventif yang merupakan bagian dari operasi Mantap Brata 2023-2024, terdapat Korps Sabhara Baharkam Polri bersama dengan Polda Metro Jaya.

“Korps Sabhara Baharkam Polri dan Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan rencana pengamanan,” ujar Fadil kepada Liputan6.com, usai mengikuti kegiatan di Korps Sabhara Baharkam Polri, Kamis (14/3/2024).

Baharkam Polri akan mengawal KPU terkait pleno penetapan hasil Pemilu 2024. Pengamanan akan diberikan sehingga pada pleno tersebut dapat berjalan dengan kondusif dan tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan.

“Kita akan kawal tuntas pleno penetapan hasil Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024,” tegas Fadil.

Pada arus Mudik, Polri menggelar operasi ketupat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri. Pada operasi tersebut akan ada petugas melakukan sejumlah pengamanan.

“Ada pengamanan arus mudik, mengamankan tempat ibadah, mengamankan sentra ekonomi, pasar, yang merupakan tempat dimana masyarakat beraktivitas,” ungkap Fadil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Patroli di Sejumlah Titik

Fadil menjelaskan, Baharkam Polri akan mengerahkan Sabhara untuk meningkatkan patroli di sejumlah titik rawan kemacetan maupun tindak pidana. Nantinya setiap Polda akan membuatkan perencanaan pengamanan saat mudik lebaran.

“Masing-masing Polda dalam setiap operasi tentu sudah membuat di mana titik yang perlu diberikan pengamanan yang optimal,” jelas Fadil.

Adanya pengamanan pada operasi ketupat maupun Sabhara melakukan patroli, diharapkan arus mudik pada tahun ini berjalan dengan baik. Bahkan Polri telah meminta satuan kepolisian untuk lebih siap.

“Bapak Kapolri sudah memerintahkan kepada kami semua untuk lebih mempersiapkan diri, agar lebih baik dari tahun yang lalu,” pungkas Fadil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini