Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Senin 4 Maret 2024: Siang Nanti Waspada Hujan Petir

Langit Indonesia pagi hari ini di awal pekan, Senin (4/3/2024) diprediksi sebagiannya berawan, cerah berawan, hujan ringan, dan hujan petir. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Langit Indonesia pagi hari ini di awal pekan, Senin (4/3/2024) diprediksi sebagiannya berawan, cerah berawan, hujan ringan, dan hujan petir. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini.

Cuaca hujan ringan diprediksi pagi ini guyur Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Mamuju, dan Manado. Begitulah dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Waspada hujan petir diprakirakan ada di wilayah Jambi dan Tarakan pada pagi hari ini.

Cuaca Indonesia siang nanti sebagiannya diprediksi berawan, cerah berawan, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir. Sejumlah wilayah Indonesia yang diprakirakan turun hujan ringan siang nanti di antaranya Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Semarang, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, dan Manokwari.

Wilayah Banda Aceh, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Manado, dan Padang diprediksi waspada hujan petir di malam hari nanti.

Sedangkan di malam hari nanti diprakirakan sebagian bakal berawan, cerah berawan, kabut, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir.

Cuaca Indonesia hujan ringan diprediksi guyur Gorontalo, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, dan Manokwari malam nanti.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Denpasar  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Yogyakarta   Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Gorontalo   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jambi   Hujan Petir  Berawan  Kabut
 Bandung   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Semarang   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Surabaya   Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Pontianak   Berawan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Banjarmasin   Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Palangkaraya  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Samarinda  Hujan Ringan  Hujan Petir  Berawan
 Tarakan   Hujan Petir  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Pangkal Pinang  Cerah Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Tanjung Pinang   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bandar Lampung  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Ambon   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Ternate   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Mataram   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kupang   Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Kota Jayapura  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Manokwari   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Pekanbaru   Hujan Ringan  Hujan Petir  Hujan Petir
 Mamuju   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Sedang
 Makassar   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kendari   Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Manado    Hujan Ringan  Hujan Petir  Hujan Sedang
 Padang   Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Palembang  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Medan   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat dan Angin Kencang di 27 Wilayah Indonesia

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 27 daerah di antaranya ditetapkan berstatus waspada.

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu, ke-27 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.  

Selanjutnya Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar untuk wilayah Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur.   

Kemudian, BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diprakirakan hujan sedang pada pagi hari.

3 dari 4 halaman

Wilayah DKI Jakarta

Kemudian kota lainnya, seperti Denpasar, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Serang, Palangka Raya, Samarinda, diprediksi hujan ringan pada siang hari.  

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan ringan pada pagi, dan pada siang hari hujan disertai petir dengan kelembaban 80-90 persen, mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu 24-30 derajat Celcius. 

Dilansir dari Antara, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan bahwa upaya kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidro-meteorologi mesti ditingkatkan di sebagian besar wilayah Indonesia.  

Menurut dia, berdasarkan hasil analisa cuaca yang dilakukan tim diketahui setidaknya hingga 8 Maret 2024 curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 mm – 300 mm dan bahkan berpotensi lebih dari itu.

4 dari 4 halaman

Waspada Gelombang Tinggi

Selain itu pula, BMKG juga memprediksi pada Minggu 3 Maret 2024 hingga Senin 4 Maret 2024, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.

Hal tersebut didapatkan berdasarkan laporan peringatan dini gelombang tinggi yang diekspos pada laman media sosial Instagram @infobmkg.

Dalam laporannya, gelombang angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angina berkisar 6-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan 4-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai, Perairan Kepulauan Sangihe, Laut Sulawesi bagian timur.

Fenomena percepatan angin dan belokan nya itu meningkatkan potensi gelombang laut tinggi pada diameter 1,25 - 2,5 meter, bahkan dapat mencapai 2,5 – 4 meter di sebagian besar perairan Indonesia bagian barat, tengah dan timur hingga besok pagi sekitar pukul 07.00 Senin 4 Maret 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.