Sukses

Sukseskan Pemilu 2024, Mendagri Apresiasi Peran Satpol PP dan Satlinmas

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi kinerja seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Liputan6.com, Padang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah berjalan aman dan lancar berkat kerja bersama berbagai stakeholders. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi kinerja seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Kesuksesan Pemilu 2024 tidak bisa diklaim satu pihak, tapi saya bisa mengklaim bahwa kesuksesan Pemilu 2024 tersebut salah satunya karena efektivitas pelaksanaan tugas Satpol PP dan Satlinmas,” ujar Tito.

Tito menjelaskan, Pemilu 2024 merupakan momen terpenting dalam demokrasi karena seluruh rakyat dapat menggunakan hak pilihnya. Ia menyebut bahwa Pemilu di Indonesia merupakan terbesar di dunia karena warga negara menggunakan hak pilih sekaligus dalam satu hari.

"Terlebih pesta demokrasi tersebut tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota legislatif baik pusat maupun daerah," jelasnya.

Tito pun mengatakan, hal itu diperlukan manajemen yang baik, salah satunya dalam aspek keamanan dengan pelibatan Satpol PP dan Satlinmas. Ia pun bersyukur,  karena Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari relatif aman, baik, dan lancar.

“Atas nama pemerintah saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas serta seluruh pembinanya,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Kelancaran Pilkada Serentak 2024

Tito mengingatkan kepada jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. Ia menyebut, gelaran tersebut merupakan Pilkada pertama yang digelar secara serentak seluruh Indonesia.

"Anggota Satpol PP dan Satlinmas yang jumlahnya tersebar di seluruh daerah berperan penting dalam menyukseskan Pilkada 2024," ucapnya.

“Karena semua daerah kalau seandainya Pemilu, Pilkada dilaksanakan setiap daerah harus mengamankan daerahnya masing-masing,” imbuh Tito.

Tito juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap berbagai dedikasi dan pelaksanaan tugas lainnya yang dilaksanakan dengan baik oleh Satpol PP dan Satlinmas.

"Kinerja tersebut sedikit banyak telah membuat kepercayaan publik kepada Satpol PP dan Satlinmas menjadi lebih baik," ujarnya.

Tito memaparkan, sebagaimana tercantum dalam Pasal 255 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Satpol PP memiliki peran besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta menegakkan peraturan daerah (Perda).

“Ini artinya Satpol PP memiliki tugas utama dan ujung tombak untuk menegakkan peraturan daerah,” paparnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini