Sukses

NasDem Ungkap 3 Kader Mumpuni Berpeluang Maju Pilkada DKI Jakarta, Ada Ahmad Sahroni

Partai NasDem bakal memulai dialog dengan berbagai pihak untuk mematangkan kader mana yang bakal diusung Partai NasDem untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim, mengungkapkan tiga nama kader potensial yang dia sebut berpeluang maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta.

"Kami setidaknya punya tiga calon yang mumpuni," kata Hermawi saat dikonfirmasi, Selasa (27/2/2024).

Pertama, kata Hermawi ada nama Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andriano. Kedua, politisi NasDem Okky Asokawati yang saat ini juga dipercaya sebagai salah satu juru bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Ada anak muda ketua Nasdem di DPRD DKI Wibi Andrino, ada Okky Asokawati yang berpengalaman 10 tahun di DPR RI," ungkap Hermawi.

Terakhir, Hermawi menyebut nama Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem Ahmad Sahroni. Sahroni disebut sebagai kader paling digandrungi warga ibu kota.

"Dan tentu saja yang paling favorit dan sangat digandrungi oleh anak-anak muda Jakarta, si anak Priok Ahmad Sahroni," ucap Hermawi.

"Dengan modal berpengalaman 10 tahun di DPR RI, kami rasa bendum DPP NasDem ini emang favorit jadi kandidat DKI 1," sambung dia.

Hermawi menjelaskan, terkait Pilkada DKI Jakarta, Partai NasDem bakal memulai dialog dengan berbagai pihak untuk mematangkan kader mana yang bakal diusung Partai NasDem untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta.

"Kami akan segera memulai dialog dengan berbagai pihak untuk mematangkan rencana ini," kata dia.

Saat ini, lanjut dia Partai NasDem masih fokus mencermati rekapitulasi manual Pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI jelang penetapan suara secara resmi.

"Termasuk rekap KPUD DKI, sementara itu dengan presentasi yg sudah masuk , maka diperoleh kursi DPRD DKI untuk NasDem 10. Naik dari 7 saat Pemilu 2019," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Ariza dan Ridwan Kamil

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta melihat peluang Ahmad Riza Patria bisa saja ditunjuk sebagai salah satu kandidat calon gubernur (cagub) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Adapun Ariza merupakan kader Partai Gerindra yang menjabat Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. Dia pernah menjabat wakil gubernur DKI Jakarta periode April 2020-Oktober 2022.

"Pak Ahmad Riza bisa jadi salah satu kandidat karena beliau pernah menjadi wagub," kata Bendahara DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Iman Satria kepada Liputan6.com, Selasa (27/2/2024).

Meski begitu, Iman menegaskan sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra ihwal Pilkada DKI Jakarta. Termasuk, kata dia mengenai kader yang bakal diusulkan maju sebagai cagub DKI Jakarta.

"Kalau secara resmi belum ada putusan partai," ujar dia.

Partai Golkar mengakui sejak awal sudah menugaskan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut, disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, saat ditanyai soal banyaknya baliho Ridwan Kamil terpampang di jalanan Ibu Kota. Baliho terbaru nampak mencuri perhatian lantaran di foto Baliho dituliskan Ridwan sedang menuju ke Jakarta.

“Kalau kami sejak awal, jauh sebelum pemilu, saat Saudara RK bergabung ke Golkar, memang meng-endorse RK untuk menjadi calon gubernur, boleh di DKI Jakarta atau kembali ke Jawa Barat,” kata Doli saat dikonfirmasi, Sabtu (24/2/2024).

Penugasan Golkar ke Ridwan Kamil menurutnya bukan hal yang mendadak, melainkan jauh sebelum pemilu digelar.

“Bahkan tiga bulan lalu, saat Golkar menerbitkan surat tugas kepada seluruh bakal calon kepala daerah seluruh Indonesia, saudara RK kami berikan dua surat tugas untuk di DKI Jakarta dan Jabar,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini