Sukses

Pj Gubernur Kaltim Dampingi Mendagri Tinjau Sejumlah Proyek Infrastruktur di IKN

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (22/2/2024) untuk melihat sejumlah proyek infrastruktur fisik yang tengah berjalan.

Liputan6.com, Penajam Paser Utara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (22/2/2024) untuk melihat sejumlah proyek infrastruktur fisik yang tengah berjalan.

Dalam kunjungan pertama ini, Mendagri didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur Irjen Pol Nanang Avianto menemani Tito.

Sekitar pukul 08.00 WIT, rombongan Mendagri sampai di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan sekitar pukul 08.00 WITA. Selanjutnya, menyempatkan sarapan khas Kaltim yaitu nasi kuning yang telah disediakan di ruang VIP bandara.

Sekitar pukul 09.00 WITA, Mendagri dan rombongan berangkat menuju IKN menggunakan helikopter. Perjalanan udara ini memakan waktu sekitar 45 menit. Setelah mendarat di Landing Point Istana Harmoni Masyarakat (IHM) di IKN, Mendagri langsung menuju Istana Presiden untuk meninjau fasilitas dan keamanan di sana.

Usai meninjau Istana Presiden, Mendagri mengunjungi Plaza Seremoni atau Sumbu Kebangsaan, yang merupakan tempat upacara kenegaraan dan peringatan hari besar nasional. Di sini, Mendagri melihat langsung monumen Garuda Pancasila, Bendera Merah Putih, dan Lambang Negara yang berdiri megah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Rumah Tapak Menteri

Kemudian, Mendagri bergerak ke Kantor Kementerian Dalam Negeri yang berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan. Di sini, Mendagri mengecek kesiapan kantor dan pegawai Kemendagri yang akan bekerja di IKN. Ia juga berdialog dengan beberapa pejabat eselon I dan II Kemendagri yang telah bertugas di IKN.

Terakhir, Mendagri meninjau Rumah Tapak Menteri, yaitu kompleks perumahan bagi para menteri dan pejabat tinggi negara yang bertempat tinggal di IKN. Mendagri melihat secara detail desain dan fasilitas rumah tapak yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan budaya lokal.

“Agenda Mendagri kunjungan ke beberapa lokasi. Tidak ada seremoni. Setelah peninjauan siang ini, Pak Menteri akan kembali ke Jakarta,” kata Kepala Bagian Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Hj Syarifah Alawiyah kepada wartawan.

Kunjungan Mendagri ke IKN ini menunjukkan komitmen pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan dan pengembangan IKN sebagai ibu kota negara yang modern, inklusif, dan berkelanjutan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini