Sukses

Tito Karnavian Resmi Serah Terima Jabatan Menko Polhukam ke Hadi Tjahjanto

Plt Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Tito Karnavian melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Menko Polhukam definitif yang baru Hadi Tjahjanto.

Liputan6.com, Jakarta - Plt Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Tito Karnavian melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Menko Polhukam definitif yang baru Hadi Tjahjanto.

Pantauan Liputan6.com, pada Rabu (21/2/2024) Hadi tiba di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat sekira pukul 14.50 WIB. Dia mengenakan setelan jas dan celana hitam.

Sertijab dimulai pada pukul 14.57 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu, dilanjutkan dengan ditandatanganinya sertijab dari Tito ke Hadi Tjahjanto.

Rangkaian acara sertijab kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa serta pemberian ucapan selamat dan ramah tama dari para tamu kepada Hadi sebagai Menko Polhukam baru di Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Selepas ramah tamah dengan pejabat di lingkungan Menko Polhukam, Hadi dan Tito masuk ke Ruang Bima sebelum melakukan konferensi pers ke awak media.

Pada kesempatan ini, nampak hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas hingga Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Istana Negara Jakarta, Rabu (21/2/2024). Hadi menggantikan Mahfud Md yang mengundurkan diri pada awal Februari lalu karena ikut kontestasi Pilpres 2024.

Pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Mengangkat Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sisa masa jabatan periode 2019-2024," demikian bunyi Keppres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bimbing Hadi Ucapkan Sumpah Jabatan

Jokowi lalu membimbing Hadi mengucapkan sumpah jabatan. Hadi berjanji akan menjalankan tugas jabatan sebagai Menko Polhukam dengan sebaik-baiknya.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Hadi didepan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung mantan Panglima TNI itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini