Sukses

Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 8-9 Februari 2024, Dishub DKI Tiadakan Ganjil Genap Jakarta

Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta meniadakan kebijakan ganjil genap kendaraan roda empat atau lebih untuk sementara waktu, tepatnya pada Kamis 8 Februari dan Jumat 9 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta meniadakan kebijakan ganjil genap kendaraan roda empat atau lebih untuk sementara waktu, tepatnya pada Kamis 8 Februari dan Jumat 9 Februari 2024. Peniadaan ganjil genap Jakarta itu sehubungan dengan hari libur nasional dan cuti bersama.

"Karena libur dan cuti bersama terkait peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, maka kebijakan ganjil genap ditiadakan pada 8-9 Februari," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, melansir Antara, Kamis (8/2/2024).

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Lalu, kata Syafrin, dalam Pasal 3 ayat (3) Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

"Itu juga diatur bahwa pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap Jakarta tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan dengan keputusan presiden," tandas Syafrin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI mengimbau seluruh tempat-tempat keramaian di Ibu Kota bisa turut aktif memeriahkan perayaan Imlek 2024.

"Pertama melalui Disparekraf mengimbau di tempat-tempat keramaian seperti mal, restoran, untuk bisa turut serta aktif merayakan Imlek tahun ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, melansir Antara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan Dukung Perayaan Imlek 2024

Heru menyebut, imbauan untuk mendukung perayaan Imlek tersebut diantaranya lewat kemeriahan diskon, ornamen-ornamen bernuansa Imlek, penampilan-penampilan seni budaya, serta kemudahan berbelanja lainnya.

"Perayaan Imlek 2024 merupakan salah satu bentuk solidaritas antarumat beragama," ucap dia.

"Untuk mendukung perayaan Imlek 2024, Heru siap mengunjungi tiga lokasi yang mengadakan perayaan Imlek, yakni di Klenteng Chin Te Yen, Toa Se Bio, dan Glodok," jelas Heru.

Sebelumnya, Stasiun Pasar Senen dipadati penumpang yang hendak berpergian mengambil momentum libur panjang nasional Isra Miraj dan Imlek yang jatuh pada Kamis - Sabtu (8 - 10 Februari) serta libur akhir pekan.

"Berdasarkan update hari ini per jam 10.00 WIB, jumlah keberangkatan di Stasiun Senen sebanyak 11.959 penumpang," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Kamis (8/2/2024) seperti dilansir dari Antara.

Ixfan mengatakan, adapun tiket yang terjual pada periode 8 hingga 11 Februari 2024 untuk kereta api jarak jauh sebanyak 88.498 tiket dari total 149.386 tiket yang disediakan dengan okupansi 59,2 persen.

Sedangkan untuk KA lokal, lanjut Ixfan, sebanyak 9.458 tiket yang sudah terjual dari total 17.712 tiket yang disediakan. Angka penjualan tiket tersebut diperkirakan bakal terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

 

3 dari 4 halaman

KAI Siapkan Kereta Tambahan

Ixfan mengungkapkan Stasiun Pasar Senen juga menyediakan KA tambahan pada momen libur nasional dan libur akhir pekan ini.

Pengoperasian KA tambahan pada periode 8 hingga 11 Februari bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan melakukan perjalanan memanfaatkan libur nasional dan libur akhir pekan dengan menggunakan layanan transportasi kereta api.

"KAI berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan kereta api dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan," jelas Ixfan.

Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan tujuan favorit penumpang KA untuk melakukan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek kali ini adalah Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Tak hanya kereta tambahan, Stasiun Pasar Senen juga meramaikan momen Tahun Baru Imlek kali ini dengan lampion dan instalasi bertema Imlek. Esok hari, Stasiun Senen juga akan menghadirkan pertunjukan barongsai pada pukul 09.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Siap-siap Macet, Jalan Tol Ini Diprediksi Padat saat Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek 2024

Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) memastikan kesiapan sejumlah jalan dalam menghadapi libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek pada 7-11 Februari 2024.

Sejumlah jalan tol di luar Pulau Jawa yang diprediksi bakal mengalami lonjakan selama libur panjang tersebut, antara lain Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa di Sumatera Utara.

Juga, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur, hingga Jalan Tol Bali Mandara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa) di Bali.

"Untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan pada saat libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024, kami telah mempersiapkan peningkatan pelayanan yang terdiri dari peningkatan pelayanan transaksi, lalu lintas, preservasi serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)," ujar Senior General Manager JNT Truly Nawangsasi, Kamis (8/2/2024).

Sebelumnya, PT KCIC menambah jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat di periode libur panjang. Sebanyak 8 perjalanan tambahan Kereta Cepat Whoosh disiapkan untuk masa libur panjang Isra Mikraj-Imlek.

Adapun saat ini tiket kereta cepat whoosh dengan rute Halim-Tegalluar pada periode 8 Februari 2024 mayoritas sudah ludes terjual. Untuk perjalanan lainnya, okupansi penumpang berada di atas 70 persen. Angka ini pun terus bertambah mengingat penjualan tiket masih berlangsung.

Masyarakat yang ingin berangkat dan sempat kehabisan tiket khususnya untuk perjalanan tanggal keberangkatan 8 Februari 2024 dapat segera melakukan pemesanan melalui channel resmi yang tersedia yaitu, aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.