Sukses

Soal Capaian Kinerja, Zulhas: Kita Sukses Lewati Fase Berat Migor Langka

Zulhas menambahkan berbagai langkah yang dicapai pihaknya dalam beberapa waktu terakhir juga turut bantu menjaga inflasi lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan Kementerian Perdagangan sukses mencatat sejumlah capaian baik selama kepemimpinannya. Salah satunya melewati fase-fase berat, seperti kelangkaan minyak goreng (migor) serta menjaga stok dan harga pangan di periode liburan, seperti Natal dan Tahun Baru serta lebaran.

“Begitu masuk, problem utama minyak goreng bisa diselesaikan dalam kurun waktu satu bulan. Nataru juga lebaran, kita bisa kendalikan harga,” ungkap Zulhas dalam keterangannya kepada awak media, Minggu (4/2/2024).

Hal ini ia sampaikan usai menghadiri Senam Sehat Bersama Keluarga Kementerian Perdagangan sekaligus Peluncuran Buku Capaian Kinerja Mendag di Kompleks Kemendag, Minggu pagi.

Zulhas menambahkan berbagai langkah yang dicapai pihaknya dalam beberapa waktu terakhir juga turut bantu menjaga inflasi lebih rendah dari tahun sebelumnya.

“Inflasi juga lebih rendah dari tahun lalu. Kemudian kita juga (telah) memperluas akses pasar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PAN ini turut menyinggung soal harga dan persediaan bahan pokok jelang Ramadan tahun ini.

“Yang paling penting persediaan cukup, terutama beras. Memang ada gangguan supply dalam negeri, oleh karena itu bulog kemarin sudah impor hampir 2 juta, tahun ini lebih dari 2 juta,” katanya.

Sebagai informasi, Buku Capaian Kinerja Mendag merangkum catatan kinerja apik Zulhas yang telah memimpin Kemendag sejak 15 Juni 2022 lalu. Buku ini membahas sejumlah capaian yang sukses diatasi Mendag, seperti persoalan kelangkaan minyak goreng yang selesai dalam waktu singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Pertumbuhan UMKM

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan, inisiatif untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kolaborasi dengan platform e-commerce, khususnya BukaLapak.

"Tadi kami bicara dengan BukaLapak. Kita ingin agar ada kerja sama. Memang kami menggerakkan ada 4 pilar UMKM, termasuk retail modern dan e-commerce. Salah satu upaya yang kami dorong adalah melalui BukaLapak," ungkap Mendag Zulhas di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Ketua Umum PAN ini menjelaskan pentingnya melibatkan lembaga perbankan dalam mendukung UMKM.

"Kemudian, lembaga perbankan agar nanti UMKM kita seperti warung kecil di perkotaan maupun di pedesaan dapat kembangkan dengan harga yang bagus, manajemen yang baik, dan selain menjual offline, mereka juga bisa menjual online," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini