Sukses

Infografis Menko Polhukam Mahfud Md Mundur dari Kabinet

Setelah sempat tertunda 1 hari, Mahfud Md akhirnya menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam secara langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md memutuskan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju. Mahfud Md mundur dari jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam.

Setelah sempat tertunda 1 hari, Mahfud Md akhirnya menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.

Mahfud mengaku isi surat tersebut hanya berisi 3 hal. Hal pertama, rasa terima kasih dan hormatnya kepada Presiden Jokowi atas amanat yang dititipkan kepadanya sekitar 4 tahun lalu sebagai Menko Polhukam.

"Pertama, saya menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang pada 23 Oktober 2019 mengangkat/melantik saya sebagai Menko Polhukam dan menyerahkan SK (surat keputusan) pengangkatannya dengan penuh penghormatan kepada saya dan kehormatan saya kepada beliau pada saat itu," kata Mahfud Md.

Poin kedua, menurut Mahfud, surat yang ditulisnya berisi substansi permohonan berhenti dari jabatan Menko Polhukam. "Hal ketiga saya mohon maaf kepada Beliau (Presiden Jokowi) kalau memang ada masalah yang kurang saya laksanakan dengan baik."

Mahfud melihat, penerimaan Presiden Jokowi sangat baik dan pembicaraan berlangsung dari hati ke hati dengan suasana kekeluargaan. "Alhamdulilah Bapak Presiden sama dengan saya. Kita bicara dari hati ke hati dan penuh kekeluargaan dan sama-sama tersenyum."

Cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024 itu memastikan, pertemuannya bersama Presiden Jokowi tidak menyisakan kekesalan. Justru sebaliknya, obrolan keduanya yang berlangsung selama lebih dari 10 menit tersebut diisi dengan nostalgia.

Sebelum Mahfud Md secara resmi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi, rencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju menuai beragam komentar maupun tanggapan. Bagaimana ragam tanggapan dari 3 calon presiden atau capres? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Menko Polhukam Mahfud Md Mundur dari Kabinet

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Menko Polhukam Mahfud Md Mundur dari Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini