Sukses

VIDEO: Duh! 2 Bocah SD Ikut Pesta Miras

2 Pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Randuputih I Probolinggo, Jawa Timur terlibat pesta minuman keras (miras) bersama 5 pelajar SMP dan SMA. Bocah yang duduk di kelas IV dan V ini pun akan dibina secara khusus melibatkan guru, wali murid, dan karang taruna.

Pihak SDN Randuputih I mewajibkan 2 siswa itu pulang lebih lambat dibanding teman-teman sekelasnya. Keduanya harus mengikuti pendidikan ekstra dari guru dan dinas pendidikan setempat untuk menggali bakat yang dimilikinya.

Kepala SDN Randuputih I Siti Sulami mengatakan, para guru sempat kaget atas pesta miras yang melibatkan 2 siswanya. Apalagi siswa itu selama ini dikenal penurut dan pemalu. Masyarakat dan orang tua harus ikut memperhatikan pendidikan anak di rumah ataupun di lingkungan.

"Ya ini perlu dukungan masyarakat, lingkungan, dan orang tua. Saya sampaikan bagaimana enaknya agar anak-anak tahu mana yang boleh dan mana tidak boleh. Kalau masalah moral, itu sama-sama dibina," ujar Siti di SDN Randuputih I Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (2/4/2013).

Kepala Dinas Pendidikan Probolinggo Tutug Edy Utomo mengatakan, pendidikan formal sekolah memang harus didukung pendidikan di lingkungan masyarakat.

"Kita sampaikan agar masyarakat ikut mengawasi anak-anak. Pendidikan tidak hanya belajar mengajar di sekolah, tapi juga perilaku dan pendidikan sosial di rumah," ucap Tutug. (Sah)