Sukses

Jokowi: Banyak Investor Antre untuk Bangun IKN, tapi Disaring Sesuai Kebutuhan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim banyak investor yang mengantre untuk membangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim banyak investor yang mengantre untuk membangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Hanya saja, kata dia, pemerintah melakukan verifikasi dan penyaringan investor sesuai kebutuhan di IKN.

"Sebetulnya memang yang antre banyak tapi perlu juga diverifikasi, perlu disaring sesuai dengan kebutuhan yang ada di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (17/1/2024).

Menurut dia, pemerintah akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama 8 hingga proyek di IKN setiap bulannya. Jokowi menyebut sejauh ini pembangunan IKN juga menunjukkan hasil yang baik yang ditandai makin banyaknya investasi masuk ke IKN.

Salah satunya, Hotel Jambuluwuk Nusantara pembangunannya dimulai dengan _groundbreaking_ oleh Jokowi pada Rabu hari ini. Jambuluwuk Nusantara menjadi hotel dan resort keenam yanh dibangun di IKN.

"Kita harapkan semuanya bisa segera memulai dan menyelesaikan pembangunannya secepat-cepatnya," ucapnya.

Selain itu, Jokowi menyambut baik pembangunan logistik hub oleh PT Pos Indonesia bekerja sama dengan PT Bina Karya. Hal tersebut, kata dia, akan melengkapi fasilitas dan infrastruktur yang belum ada di IKN.

"Artinya, urusan logistik sekarang sudah ada yang menanganinya yaitu Pos Indonesia dan Bina Karya," tuturnya.

"Tambahan-tambahan yang belum ada saya kira akan menambah fasilitas, menambah akomodasi bagi tamu-tamu yang akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara," imbuh Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimis Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN

Dia juga menyampaikan optimismenya penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dapat digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang. Terlebih, hotel-hotel untuk para tamu menginap juga sudah dibangun di IKN.

"Saya optimistis insyaallah di 17 Agustus 2024 kita akan bisa melakukan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," jelas Jokowi.

Menurut dia, saat ini sudah ada enam hotel bintang empat dan lima yang dibangun di IKN. Salah satunya, Jambuluwuk Nusantara Hotel yang proses pembangunannya dimulai pada Rabu hari ini.

"Hari ini, sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Jambuluwuk Nusantara Hotel, hotel berbintang lima," tutur Jokowi.

Dia menyampaikan Jambuluwuk Nusantara Hotel berkonsep modern Indonesia etnik, dengan kapasitas 200 kamar. Total nilai investasi pembangunan hotel ini mencapai Rp300 miliar.

"Ini akan menambah jumlah hotel yang akan beroperasi di Ibu Kota Nusantara, menambah ketersediaan kamar-kamar hotel sehingga tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan mendapatkan akomodasi," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.