Sukses

HEADLINE: Isu Ganjar-Mahfud Koalisi dengan Anies-Muhaimin, Peluangnya?

Wacana koalisi Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sayup-sayup terdengar, meski pencoblosan Pilpres 2024 belum digelar. Pasangan 02 sukses memukul lawan sebelum pertandingan dimulai?

Liputan6.com, Jakarta - Komunikasi politik antara kubu pasangan Ganjar-Mahfud Md dengan Anies-Muhaimin sayup-sayup terdengar jelang pencoblosan Pilpres 2024. Kendati masih sebatas informal, wacana itu pun mendapat respons positif dari elite partai pendukung paslon nomor tiga.

Koalisi itu disebut sebagai wujud menghadapi Pilpres 2024 jika berlangsung dua putaran. Yang mana dalam hasil lembaga survei menyebutkan Prabowo-Gibran unggul dari pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Dengan begitu, pasangan nomor urut tiga dan satu diprediksi melebur untuk melawan pasangan nomor urut dua.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai sebagai wacana, koalisi ini sah-sah saja. Apalagi dengan posisi Paslon 01 dan 03 yang sama-sama menawarkan narasi oposisi dengan paslon 02.

“Sebagai semangat untuk memperoleh dukungan tambahan menjelang pemilu 2024. Strategi yang digunakan cukup menarik, apalagi di balik jauhnya ketertinggalan elektabilitas paslon 01 dan 03 dengan 02 versi berbagai lembaga survei”, ujar Arifki kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2024).

Namun begitu, Arifki menyebutkan bahwa di balik narasi oposisi yang dibangun oleh Paslon 01 dan 03, secara akar rumput sedikit sulit mempertemukan ideologi dan kepentingan partai pengusung Ganjar dan Anies. Nantinya PKS dan PDI-P bersatu diakar rumput untuk mendukung capres yang sama.

"Agak susah menemukan variabel 01 dan 03 ini bersatu. Artinya satu gerakan kiri, satu gerakan kanan. Kalau misalnya 03 ketemu 02 masih mending, 02 ketemu 01 masih mending, karena PKS dulu dukung Prabowo juga kan. Jadi nggak kebayang sama saya, PKS sama PDIP ketemu. Ini yang akan menyulitkan," ujar dia.

Kepentingan PKS dan partai-partai pendukung Ganjar di Pemilu 2024 tentu terkait dengan efek ekor jas yang didapatkannya dalam mendukung capres terhadap suara partai. Hal ini akan berbeda jika pemilu berlangsung dua putaran. Besar kemungkinan partai pengusung Anies dan Ganjar bakal menyebar untuk bernegosiasi dengan paslon yang berkemungkinan menang.

“Pemilih Anies dan Ganjar tentu punya calon alternantif, jika capres pilihan mereka tidak lolos di putaran pertama. Cukup sulit bagi elite paslon 01 dan 03 untuk memaksa pemilih untuk pindah dukungan, padahal di hati mereka sudah ada pilihan alternatif,” kata Arifki.

Dia bahkan memprediksi kubu paslon nomor tiga akan berlabuh ke gerbong Prabowo. Karena menurutnya, banyak variabel yang lebih menguntungkan bagi PDIP.

"Makanya kita juga harus baca bahwa gerakan PDIP kan kurang kompak. PDIP masih setengah hati mendukung Ganjar," kata dia.

Begitu pun jika mereka berduet dengan Anies. Kubu Ganjar-Mahfud akan melakukan hitung-hitungan terkait dengan untung rugi di akar rumput. Karena itu, menurutnya, agenda berkoalisi pada putaran kedua Pilpres 2024 ini masih wacana lantaran pemilihan belum berlangsung.

"Ini yang enggak logis. Ini kan wacana ketakutan dari 01 dan 03, bahwa mungkin mereka secara psikologis terganggu dengan hasil survei," kata dia.

Arifki menilai narasi-narasi yang dibangun kubu Prabowo-Gibran ini berhasil menjatuhkan mental lawan politiknya sebelum pertandingan digelar. Terlebih banyak lembaga survei yang menyatakan paslon nomor dua tersebut unggul dari yang lain.

"Lembaga lembaga survei yang kredibel ini juga kan mempertaruhkan kredibilitas mereka ke publik. Kecuali hanya satu yang bilang seperti itu, tapi kan ini semua lembaga survei bilang kayak gitu. Hasilnya oke di 02. Dan ketika saya lihat strategi 01 dan 03 itu menyerah saja, artinya mending kita bikin narasi saja ya kalau menang 02 bilang saja curang. Mending kita bersatu dulu lah," jelas dia.

"Jadi terlalu pesimistis mereka memainkan narasi padahal putaran pertama belum ada. Apakah survei internal mereka sudah mencapai 50 persen atau lebih untuk 02, saya curiga begitu. Mungkin survei secara umum 46 persen, apakah di survei mereka sudah mencapai 50 persen plus satu," ia menandaskan.

Sementara itu, Pengamat Politik Adi Prayitno menganggap wacana koalisi nomor satu dengan tiga masih sebatas informasi simpang siur. Belum ada pernyataan resmi dari partai masing-masing pendukung dalam menjawab kabar tersebut.

"Masih sebatas pernyataan informal antar-elit paslon 1 dan 3, belum pada level pembicaraan serius. Tentu itu semua tak lepas soal kemungkinan pilpres 2 putaran. Andai pilpres satu putaran, koalisi satu dan tiga jadi tak relevan," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2024).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini menilai, isu koalisi itu tentu tak lepas dari narasi bahwa paslon Prabowo-Gibran dipastikan lolos putaran pertama. Maka tak heran jika kemudian muncul narasi tandingan di putaran kedua, paslon 1 dan 3 bakal koalisi karena memiliki isu bersama.

"Yakni selamatkan demokrasi, melawan neo-orba, melawan politik dinasti, dan sama-sama merasa ‘didholimi’. Inilah yang makin menguatkan isu soal koalisi satu dan tiga bakal terwujud di putaran dua," ujar dia.

Meski begitu, dia tidak menampik adanya kemungkinan dua gerbong tersebut bakal menyatu. Karena adanya anggapan jika pasangan satu dan tiga memiliki nasib sepenanggungan.

"Meski pada realitasnya, sangat mungkin 1 dan 3 bisa koalisi di putaran kedua. Semua serba mungkin dalam politik. Ada kesan paslon nomor 2 jadi “musuh bersama” paslon 1 dan 3. Sepertinya 1 dan 3 merasa senasib sepenanggungan sama-sama merasa diperlakukan tak adil, diskriminatif, dan lainnya," kata dia.

Jika koalisi itu terjadi, Adi memprediksi babak kedua Pilpres 2024 bakal berlangsung sengit. Tensi politik pun akan menjadi semakin panas.

"Sangat seru di peturan kedua. Apapun akan mengeras jadi dua kubu yang saling berhadapan. Tensi pilpres akan makin panas," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai dalam politik semua bisa saja terjadi, termasuk meleburnya kubu Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin.

"Semuanya mungkin saja ya," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2024).

Pangi menjelaskan faktor munculnya wacana koalisi dua kubu tersebut. Di antaranya, pasangan nomor urut satu dan tiga tidak siap dalam bertempur di gelanggang Pilpres 2024.

"Sehingga modal yakin merasa kalah. Tapi bisa juga itu baru dibuktikan kalau putaran kedua terjadi. Bahwa 01-03 akan menyatu, cakep banget tuh, PKS dan PDIP bersatu. Ada sejarah baru. Menarik bahwa dalam politik tidak ada ideologi, semuanya bisa bersatu sepanjang kepentingannya sama. Dianggap Prabowo musuh bersama akhirnya satu kolam juga," kata dia.

Selanjutnya, wacana ini bisa saja menjadi salah satu cara untuk menjegal satu putaran dalam Pilpres 2024. Sebagai langkah antisipatif, kekuatan politik yang tergabung dalam dua kubu itu dipersatukan mulai sekarang.

"Mereka bersatu dari sekarang, itu supaya satu putaran tidak terjadi, caranya ialah menahan elektabilitasnya tidak naik atau trennya sudah stag di situ. Tentu itu perlu kerja keras dari Ganjar maupun Anies menahan pertumbuhan elektabilitas itu," ujar dia.

Karena saat ini, Pangi menjelaskan, banyak pandangan menyebutkan jika Pilpres 2024 berlangsung satu putaran, paslon nomor urut dua sebagai juara. Namun jika digelar dua putaran, langkah Prabowo menuju Istana masih bisa terganjal.

"Banyak mazhab yang mengatakan perspektifnya begini, kalau satu putaran Prabowo menang, tapi kalau dua putaran ya Prabowo tunggu dulu, belum tentu menang. Karena akan menyatu dua kekuatan besar yaitu koalisinya Anies dengan Ganjar. Nah itu tetu akan bisa menjadi lawan tanding yang berat bagi Prabowo," kata Pangi.

"Kalau itu terjadi, maka memang menyatunya Ganjar dengan Anies itu sebuah kekuatan yang sangat prospek di putaran kedua. Dan itu bukan tidak mungkin Prabowo bisa dikalahkan," ujar dia.

Karena menurutnya, mesin politik partai pendukung sangat apik dalam bekerja. Di lapisan akar rumput, para kader memiliki militansi tinggi dan loyalitas yang kuat terhadap instruksi partai.

"Memang bagaimana pun mesin politik PDIP dan PKS sama sama cakep ya. Sama bagus, loyal, konsisten, ideologinya juga jelas, mereka juga punya ceruk segmen sendiri yang loyal. Itu kelebihan mereka," kata dia.

"Jadi yang ditakuti Prabowo adalah kalau ada dua putaran. Jadi mereka bagaimana mengatur napas kalau ingin menang ya pilihannya hanya satu putaran. Kalau ada dua putaran, bagi mereka langkah mati sebenarnya. Melelahkan. Dan belum tentu Prabowo menang. Tapi kalau satu putaran, ada kemungkinan Prabowo menang. Tapi kalau dua putaran, Prabowo belum tentu," ujar Pangi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Nasdem soal Wacana Koalisi Putaran Kedua

Waketum NasDem Ahmad Ali menanggapi wacana yang mencuat terkait koalisi Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin pada putaran kedua Pilpres 2024. Menurutnya, masih terlalu dini untuk membahas persoalan tersebut lantaran pertandingan masih belum usai.

"Kontestasi sedang berjalan dan akan di ujung 14 Februari," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2024).

Meski demikian, Ahmad Ali mengungkapkan, komunikasi politik dalam koridor semangat membangun bangsa menjadi sebuah keniscayaan. Namun begitu, Nasdem tidak ingin terburu-buru dalam menjalin komunikasi terkait koalisi tersebut.

"Karena kita belum tahu masuk ke putaran kedua atau tidak ada. Kalau tidak ada putaran kedua, Nasdem harap Anies menang. Belum ada yang memprediksi yang bertarung Anies dengan Prabowo, atau Anies dengan Ganjar," kata dia.

Karena itu, Ahmad Ali meminta semua pihak untuk menunggu proses Pilpres berakhir. Jika hasil Pilpres itu terlihat, langkah-langkah berikutnya akan dilakukan dalam semangat membangun bangsa.

"Kita menunggu kejelasan. Tentunya semangat membangun bangsa. Bukan semangat saling mengalahkan. Sampai saat ini silakan berkomunikasi, personal, tapi kepartaian, koalisi belum ada. Semua pihak pasti membuka diri," Ahmad Ali menandaskan.

Sementara itu, Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memastikan, kemungkinan berkoalisi dengan partai apa pun selalu terbuka di Pilpres 2024. Bahkan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu disampaikan Cak Imin saat merespon pertanyaan awak media tentang potensi putaran kedua Pilpres 2024.

“Pasti, semua kita buka peluang untuk koalisi. Kita lihat siapa yang akan masuk di putaran kedua,” kata Cak Imin di Surabaya, Kamis (11/1/2024).

Menurut Cak Imin, PDIP adalah partai sangat teliti dalam bersikap. Dia meyakini, langkah diambil PDIP sangat presisi mengingat rekam jejak sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri yang sering memberinya masukan dan kritikan.

“Bu Mega itu seperti orang tua saya sendiri, saya sering mendapatkan masukan, kritikan, bahkan dimarahin juga dihujat biasa oleh Ibu Mega,” tutur Gus Imin.

Cak Imin percaya, PDIP adalah rekan yang baik jika bisa bersama. Khususnya untuk terus memperjuangkan demokrasi bangsa.

“Tentu ini menjadikan PDIP sebagai partner yang baik serta menjadi keluarga perjuangan bersama untuk demokrasi,” ucap Cak Imin.

3 dari 3 halaman

Bangun Bangsa Tidak Bisa Sendiri

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani tidak menampik terjalinnya komunikasi antara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dengan Tim Nasional (Timnas) Anies-Cak Imin. Menurut Puan, membangun bangsa tidak bisa tanpa bantuan banyak pihak.

"Kami berusaha untuk bisa selalu berkomunikasi, bersilaturahmi. Pesta kontestasi ini adalah pesta kontestasi, pesta rakyat. Jadi, kami semua berharap bahwa siapa yang ikut dalam pesta kontestasi ini bisa menjalankan pesta demokrasi ini secara jujur, adil. Kemudian biarkan rakyat yang memilih siapa pemimpin yang akan dipilih pada tanggal 14 Februari yang akan datang," ujar Puan Maharani di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Sama halnya dengan olahraga, lanjut Puan, sportivitas sangat penting dan harus dijunjung tinggi dalam kontestasi pilpres 2024.

"Jadi ya ini, bagaimana kita dalam pesta kontestasi ini, dalam pesta demokrasi ini, bisa terus sportif dan jujur, adil, dan gembira," jelas Puan.

Komunikasi pun dilakukan antara TPN Ganjar-Mahfud dengan Timnas Anies-Cak Imin baik secara formal dan informal. Tentunya, yang ingin dicapai adalah selepas hari pencoblosan 14 Februari 2024, semua pihak dapat saling bekerja sama membangun bangsa.

"Membangun bangsa itu harus bersama-sama, tidak mungkin sendirian. Dan membangun bangsa itu tentu saja kita serahkan kepada rakyat. Menangkan hati rakyat, pilih pemimpin yang memang bisa pilihan rakyat, sehingga rakyatnya yang akan menjadi juaranya," Puan menandaskan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons soal peluang bergabungnya kubu 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan kubu 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dia menyebut, sangat terbuka jika pilpres terjadi dua putaran.

Terlebih, kata Hasto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan terekaman bersalaman saat debat capres pada Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta.

"Ya tentu saja kami sangat welcome," kata Hasto saat ditemui di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Tak hanya itu, dia menilai apa yang dilakukan Puan dengan Anies sangat berbanding terbalik dengan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang memilih tak bersalaman dengan Anies.

"Apa yang disampaikan Mbak Puan dengan salaman dengan Pak Anies ini menunjukkan hal yang kontradiktif dengan Pak Prabowo yang tidak mau salaman dengan Pak Anies," ujar dia.

"Bahkan bagi Pak Prabowo debat belum selesai, karena kemudian dia mengatakan goblok tolol, itu yang seharusnya tidak boleh disampaikan oleh pemimpin. Pemimpin itu harus mengeluarkan kata kata yang membangun harapan," tegas dia.

"Kata-kata yang menggelorakan suatu semangat juang bukan kata-kata makian seperti yang disampaikan Pak Prabowo," imbuhnya.

Sementara itu, di tengah-tengah isu koalisi jika pilpres dua putaran, Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan melakukan rangkaian kampanye di Jawa Timur. 

Saat ditanya wartawan, apakah ada rencana untuk bertemu lantaran keduanya tengah di Jatim, Anies mengatakan sempat berjumpa dengan Ganjar sejenak.

"Tadi Beliau (Ganjar) sudah keluar. Papasan mobilnya," kata Anies Baswedan di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (13/1/2024).

Dia mengaku sudah sering berkomunikasi melalui pesan singkat dengan Ganjar.

"Kan udah WA-an juga kita," kata Anies. "Jam 12, jam 1 malam. Kan udah komunikasi, udah," sambung Anies.

Anies Baswedan sebelumnya menyatakan membuka peluang dengan Ganjar jika pilpres 2024 berjalan dua putaran. Dia mengatakan semua peluang selalu terjadi ke depannya.

"Ya pokoknya semua peluang selalu ada," kata Anies kepada wartawan di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Begitu pula Ganjar Pranowo, menyebut sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Ya semua kemungkinan dapat terjadi," kata Ganjar saat di Banyumas, Jawa Tengah, Selasa 9 Januari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.