Sukses

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Guyur Jabodetabek pada 3-10 Januari 2024

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) periode 3-10 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) periode 3-10 Januari 2024.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini diprediksi akan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang. Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan resmi, diterima Rabu (3/1/2024).

Menurut Guswanto, kondisi cuaca ekstrem disebabkan oleh dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, seperti Monsun Asia Musim Dingin yang membuat pertumbuhan awan hujan di periode Januari cukup intens.

Selain itu, ada pula aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

"Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan," kata Guswanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pola Pertemuan Angin

Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Lebih lanjut, Guswanto meminta warga untuk terus memperbarui Informasi terkini prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail terkait potensi hujan lebat hingga level kecamatan yang dapat diakses lebih lengkap laman bmkg.go.id.

Berikut potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat di Jabodetabek untuk sepekan periode 3-10 Januari 2024:

1. Pada siang hingga menjelang malam hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah :

- Jakarta Timur

- Jakarta Selatan

- Depok

- Kabupaten Bogor

- Kota Bogor

- Tangerang Selatan

- Kabupaten Tangerang bagian selatan

- Kabupaten Bekasi bagian selatan

 

3 dari 3 halaman

Malam hingga Dini Hari

2. Pada malam hingga dini hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah :

- Kepulauan Seribu

- Jakarta Utara

- Jakarta Pusat

- Jakarta Timur bagian utara

- Jakarta Barat bagian utara

- Kabupaten Bekasi bagian utara

- Kabupaten Tangerang bagian utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.