Sukses

Top 3 News: Mahasiswa IPB Hilang saat Ekspedisi di Pulau Sempu Malang Ditemukan Meninggal Dunia

Galang Edhy Swasono, mahasiswa IPB yang hilang di Cagar Alam (CA) Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan meninggal dunia. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Galang Edhy Swasono, mahasiswa IPB yang hilang di Cagar Alam (CA) Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan meninggal dunia. Itulah top 3 news hari ini.

Jenazah anggota Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova), Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB ini ditemukan di Tanjung Semut Jumat pagi 29 Desember 2023. Hal tersebut seperti disampaikan Dekan Fahutan IPB University Prof Dr Naresworo Nugroho.

Dia mengatakan, jenazah korban mahasiswa IPB tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar untuk dilakukan autopsi. Kemudian, Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria pun menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas berita duka ini.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani keputusan presiden (Keppres) tentang Pemberhentuan Firli Bahuri sebagai Ketua sekaligus Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keppres tersebut diteken Jokowi pada Kamis 28 Desember 2023 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Kabar itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Ari menjelaskan ada tiga pertimbangan utama dalam Keppres tersebut. Salah satunya yaitu surat pengunduran diri yang disampaikan Firli Bahuri pada tanggal 22 Desember 2023.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait jenazah Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe telah tiba di Papua pada Kamis 28 Desember 2023. Diketahui, Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa 26 Desember 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Namun, kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu, Penjabat atau Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, jenazah Lukas Enembe disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 29 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mahasiswa IPB yang Hilang Saat Ekspedisi di Pulau Sempu Malang, Ditemukan Meninggal

Galang Edhy Swasono, mahasiswa IPB yang hilang di Cagar Alam (CA) Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan meninggal dunia.

Jenazah anggota Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova), Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB ini ditemukan di Tanjung Semut Jumat pagi 29 Desember 2023.

"Jasad Galang ditemukan di Tanjung Semut berdasarkan informasi dari nelayan dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi pukul 06.50 WIB," ujar Dekan Fahutan IPB University, Prof Dr Naresworo Nugroho dalam keterangannya.

Jenazah korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar untuk dilakukan autopsi.

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas berita duka ini.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Resmi, Jokowi Teken Keppres Pemberhentian Firli Bahuri dari Ketua dan Anggota KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani keputusan presiden (Keppres) tentang Pemberhentuan Firli Bahuri sebagai Ketua sekaligus Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keppres itu diteken Jokowi pada Kamis 28 Desember 2023 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

"Pada tanggal 28 Desember 2023, Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 129/P Tahun 2023 tentang pemberhentian Bapak Firli Bahuri sebagai Ketua merangkap anggota KPK masa jabatan 2019-2024. Keppres mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat 29 Desember 2023.

Ari menjelaskan ada tiga pertimbangan utama dalam Keppres tersebut. Pertama, surat pengunduran diri yang disampaikan Firli Bahuri pada tanggal 22 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tiga Fakta Terkait Ricuh yang Terjadi saat Jenazah Lukas Enembe Tiba di Papua, Ada Korban Luka

Jenazah Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe telah tiba di Papua pada Kamis 28 Desember 2023. Diketahui, Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa 26 Desember 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Lukas Enembe sebelumnya dihukum 10 tahun penjara dalam kasus suap dan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua.

 Namun, kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu, Penjabat atau Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, jenazah Lukas Enembe disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

"Nah ini kita masih menunggu konfirmasi, masih selidiki apa sih yang menyebabkan kericuhan tersebut," tutur Ignatius kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.