Sukses

3 Fakta Terkait Ricuh yang Terjadi saat Jenazah Lukas Enembe Tiba di Papua, Ada Korban Luka

Jenazah Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe telah tiba di Papua pada Kamis 28 Desember 2023. Diketahui, Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa 26 Desember 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe telah tiba di Papua pada Kamis 28 Desember 2023. Diketahui, Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa 26 Desember 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Lukas Enembe sebelumnya dihukum 10 tahun penjara dalam kasus suap dan gratifikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua.

Namun, kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu, Penjabat atau Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, jenazah Lukas Enembe disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

"Nah ini kita masih menunggu konfirmasi, masih selidiki apa sih yang menyebabkan kericuhan tersebut," tutur Ignatius kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Ignatius Benny mengatakan, massa yang menyambut jenazah Lukas Enembe cukup besar dan mengalami provokasi, sehingga melakukan aksi kekerasan.

Selain itu, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri juga turut merespons peristiwa kerusuhan saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe di Kabupaten hingga Kota Jayapura tersebut.

Sejumlah titik pun mengalami kerusakan dan pembakaran, khususnya di depan STAKIN (Sekolah Teologia Atas Injili) dan beberapa lokasi lainnya.

"Kami mencatat beberapa insiden selama pelaksanaan penyerahan Jenazah kepada pihak keluarga. Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj. Gubernur Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat. Selain itu, ada 1 mobil yang dibakar, 5 kendaraan rusak berat, 3 bangunan dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran," tutur Mathius.

Berikut sederet fakta terkait ricuh yang terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe di Papua dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kericuhan Diduga Akibat Provokasi

Kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan, jenazah Lukas Enembe rencananya akan disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan akan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

"Nah ini kita masih menunggu konfirmasi, masih selidiki apa sih yang menyebabkan kericuhan tersebut," tutur Ignatius kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Menurut Ignatius Benny, massa yang menyambut jenazah Lukas Enembe cukup besar dan mengalami provokasi, sehingga melakukan aksi kekerasan.

"Ini sementara dalam penyelidikan yang menyebabkan akhirnya terprovokasi nih siapa pelaku, dan bagaimana bisa terjadi. Kemudian mereka melakukan aksi pelemparan fasilitas umum dan juga melakukan penyerangan, melakukan pelemparan batu juga kepada aparat pemerintah, maupun keamanan," ucap dia.

"Termasuk PJ Gubernur juga kena pelemparan batu juga terluka," sambung Ignatius Benny.

 

3 dari 4 halaman

2. Ada Aparat Terluka

Selain itu, menurut Ignatius Benny, tercatat adanya aparat keamanan dari TNI Polri yang mengalami luka-luka akibat kericuhan. Selain fasilitas umum, satu kendaraan dinas juga dibakar massa.

"Jadi (untuk antisipasi) di wilayah Polresta dilakukan upaya patroli yang lebih banyak lagi personelnya, menggunakan truk dan sudah cukup banyak ya untuk memberikan rasa aman kepada mayarakat lah," ucap dia.

"Kemudian kita juga memperkuat titik rawan seperti Wena, Exco, dan Abepura kita perkuat pengamanan," Ignatius menandaskan.

 

4 dari 4 halaman

3. Kericuhan Sebabkan 14 Korban Luka, 25 Rumah Dibakar Massa

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri merespons peristiwa kerusuhan saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe di Kabupaten hingga Kota Jayapura. Sejumlah titik pun mengalami kerusakan dan pembakaran, khususnya di depan STAKIN (Sekolah Teologia Atas Injili) dan beberapa lokasi lainnya.

"Kami mencatat beberapa insiden selama pelaksanaan penyerahan Jenazah kepada pihak keluarga. Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj. Gubernur Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat. Selain itu, ada 1 mobil yang dibakar, 5 kendaraan rusak berat, 3 bangunan dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran," tutur Mathius kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Menurut Mathius, total kerugian atas peristiwa itu masih dalam penghitungan. Diketahui, Pj. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun turut menjadi korban luka dan akan menjalani perawatan medis lebih lanjut di Jakarta.

"Momen ini seharusnya menunjukkan cinta kasih anak-anak kepada orang tuanya, dan saya sangat menyayangkan kejadian seperti ini yang seharusnya tidak terjadi," jelas Mathius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.