Sukses

5 Arahan Panglima TNI Agus Subiyanto Selama Operasi Lilin 2023

Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) Letjen TNI Bambang Ismawan meneruskan arahan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terkait Operasi Lilin 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) Letjen TNI Bambang Ismawan meneruskan arahan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terkait Operasi Lilin 2023. Ada lima poin yang ditekankan kepada prajurit selama kegiatan berlangsung.

"Ada beberapa penekanan yang harus dipedomani seluruh prajurit TNI Polri serta aparat sipil instansi terkait di manapun bertugas," kata Bambang di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Bambang menjelaskan, prajurit TNI-Polri serta aparat sipil instansi terkait lainnya harus tampil profesional dan menunjukkan sikap hormat serta simpati kepada masyarakat demi memberikan rasa aman.

Kedua, prajurit TNI-Polri serta aparat sipil terkait lainnya harus tegas, cepat, dan terukur terhadap kecenderungan tindakan anarki yang dilakukan oleh kelompok masyarakat tertentu khususnya organize group, atau kelompok organisasi yang memprovokasi situasi.

"Tugas pengamanan dilaksanakan untuk mencegah terjadinya konflik di masyarakat pada kegiatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," ujar dia.

Ketiga, prajurit TNI-Polri serta aparat sipil instansi harus menjaga sikap dan komitmennya dalam melayani masyarakat.

"Mari kita jaga sikap dan komitmen kita untuk selalu berdiri tegak di atas semua golongan, menanggalkan kepentingan pribadi dan kelompok untuk mempersatukan suku, agama, ras, dan antargolongan guna mewujudkan kedamaian di masyarakat," ujar dia.

Keempat, semangat untuk bersama-sama menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945

Kelima, menjaga keamanan personel, materil, dan kelengkapan selama bertugas.

"Saya percaya, para prajurit TNI Polri kalian dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dikuatkan dengan semangat disiplin tanggungjawab militan dna loyalitas tinggi," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apel Pasukan di Monas

Letjen Bambang mengikuti apel Operasi Lilin di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). Apel gelar pasukan guna mengecek dan memastikan kesiapan dalam mewujudkan rasa aman, ketenangan, ketertiban dan menjadikan iklim yang kondusif selama perayaan natal 2023 dan Tahun baru 2024.

TNI maupun Polri tentunya akan terlibat langsung dalam pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024 baik itu di jkt maupun di berbagai wilayah di Indonesia.

"Oleh karena itu mari bersama-sama kita emban amanah kepercayaan dan kehormatan dalam tugas operasi Lilin 2023 ini dengan sebaik-baiknya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.